News

BKSDA Aceh kembali dapati gajah jantan berusia 35 tahun mati di Nagan Raya

BKSDA Aceh kembali dapati gajah jantan berusia 35 tahun mati di Nagan Raya

POPULARITAS.COM – Seekor gajah berkelamin jantan ditemukan mati di Gampong Paya Udueng, Seunagan, Nagan Raya. Kematian hewan elephant Maximus sumtranus tersebut, diketahui berawal dari laporan warga yang melihat adanya bangkai hewan mamalia tersebut.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Ujang Wisnu Barat kepada popularitas.com, Selasa (5/3/2024) mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga pada tanggal 3 Maret 2024. Selanjutnya, bersama tim dokter dan pihak keamanan langsung meninau lokasi kematian gajah tersebut.

“Iya, kita dapat laporan tanggal 3 Maret, Tim kita langsung bergerak ke lokasi,” katanya.

Dari pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, diketahui gajah yang mati berjenis kelamin jantan dan usia diperkirakan 35 tahun. Dari kondisi bangkai yang sudah membusuk, diperkirakan kematian gajah sudah lebih dari satu minggu.

Selain itu, petugas juga ikut mengamankan satu pasang gading gajah. Gading kanan memiliki panjang 114 sentimeter, sementara gading kirinya sepanjang 105 sentimeter.

Kasus kematian gajah ini masih diselidiki lanjut oleh pihak BKSDA Aceh yang terus berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.

Seperti diketahui, Gajah Sumatera merupakan salah satu satwa liar dilindungi di Indonesia. Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, satwa ini terancam punah di alam liar.

Shares: