News

Jadi wasit terbaik Liga 1, Bangbang Syamsudar sebut bekerja dengan hati

POPULARITAS.COM – Bangbang Syamsudar terpilih sebagai wasit terbaik BRI Liga 1 2022/2023. Penghargaan yang diperoleh tidak terlepas dari komitmennya untuk selalu bekerja dengan hati.

Ia mengakui kinerja selama kompetisi berlangsung tidak terlepas dari dukungan dari orang-orang terdekatnya.

“Berkat izin Allah, support dan doa dari orangtua, keluarga, dan rekan seprofesi dan pimpinan yang selalu memberikan kepercayaan dan kesempatan untuk bertugas. Saya laksanakan dengan sepenuh hati,” ungkapnya, dikutip dari situs Liga 1, Rabu (19/4/2023).

Bangbang Syamsudar juga mengibaratkan tugasnya sebagai wasit ibarat seperti anggota TNI yang siap bekerja kapan saja dan dimana saja, seperti jadwal padat kompetisi yang dijalani pasca Tragedi Kanjuruhan.

“Wasit bagaikan tentara yang siap ditugaskan kapan saja dan dimana saja apapun kondisinya,” ujar alumnus Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung itu.

Selain itu, menurutnya pengalaman jam terbang juga mempengaruhi mental dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang wasit.

Seperti kejadian yang dialami sebelum berangkat menuju Parepare untuk melaksanakan tugas pertandingan penutup BRI Liga 1 2022/2023 dia dihadapkan dengan sejumlah permasalahan.

“Kemarin sebelum keberangkatan, ibu saya sakit. Penerbangan cancel mundur satu hari dan saya reschedule tiket. Pantang mundur sebelum tugas tertunaikan, H-1 saya berangkat,” beber Bangbang Syamsudar.

“Mental aspek terpenting di wasit, pengalaman tidak bisa dibohongi,” tandasnya.

Shares: