EkonomiNews

Pemerintah Aceh gelar pasar murah di 92 lokasi

Pemerintah Aceh gelar pasar murah di 92 lokasi

POPULARITAS.COM – Jelang pelaksanaan ibadah ramadhan 1444 Hijriah, dan sekaligus upaya tekan laju inflasi, Pemerintah Aceh dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) gelar pasar mudah di 92 lokasi yang tersebar di 23 kabupaten dan kota di provinsi ujung barat Sumatra tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh Mohd Tanwier, dalam keterangannya, Rabu (1/2/2023) dikutip dari laman Antara mengatakan, langkah gelar pasar murah yang dilakukan pihaknya dan TPID itu untuk stabilisasi harga.

Karena itu, di 92 lokasi pasar murah yang digelar pihaknya menyediakan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dan terjangkau bagi warga. “Ini juga dalam rangka sambut bulan suci ramadhan,” kata Mohd Tanwier.

Ia menjelaskan pasar murah menyambut bulan suci Ramadhan tersebut juga bagian dari program penanganan inflasi dan stabilisasi harga bahan pokok yang dilakukan Pemerintah Aceh bersama TPID dalam menyambut hari besar keagamaan nasional (HBKN) yang dimulai dari 2 sampai 7 Maret 2023.
Komoditas yang akan dijual di pasar murah yang lokasi pelaksanaannya ditetapkan oleh masing-masing kabupaten/kota adalah beras premium, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu dan telur ayam ras.

Ia menyebutkan  harga kebutuhan yang dijual di pasar murah tersebut yakni beras premium Rp80 ribu per sak (isi 10 kilogram), minyak goreng kemasan isi 2 liter Rp30 ribu, gula pasir 2 kilogram Rp22 ribu dan telur ayam ras Rp38 ribu per papan (isi 30 butir). Harga yang dijual tersebut telah disubsidi oleh pemerintah.

Pasar murah diselenggarakan Disperindag Aceh tersebut bekerja sama dengan Perum Bulog Aceh dan dinas yang membidangi perdagangan kabupaten/kota di Aceh.

Pihaknya berharap seluruh masyarakat di kabupaten/kota di Aceh dapat memanfaatkan pasar murah yang akan diselenggarakan di setiap kabupaten/kota untuk memperoleh  kebutuhan dengan harga terjangkau.

Editor : Hendro Saky

Shares: