News

Raih WTP 10 kali, Pj Bupati Pidie Jaya : Terimakasih kerja keras semua OPD

Raih WTP 10 kali, Pj Bupati Pidie Jaya : Terimakasih kerja keras semua OPD

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya kembali menyabet penghargaaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan daerah tahun 2023.

Opini WTP yang ke 10 secara beruntun dalam 10 tahun terakhir itu diterima langsung oleh Pj Bupati Pidie Jaya Jailani Beuramat yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Aceh, melalui Kepala Sub Auditorat 1 Triana di Banda Aceh, Senin (20/5/2024).

WTP itu sendiri merupakan opini atas pengelolaan keuangan masa Bupati Aiyub Abbas dan Wakil Bupati Said Mulyadi selama dua periode yang selalu mempertahankan predikat tersebut.

Kepala BPK RI perwakilan Aceh melalui Kasub Auditorat 1 Triana menjelaskan pola pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang dilakukan pihaknya mengacu pada kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, serta kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam melakukan pemeriksaan keuangan tersebut BPK menurunkan langsung tim auditor handal dan profesional yang bertugas sekira 45 hari untuk memeriksa secara detail setiap penggunaan anggaran negara tanpa mengenal hari libur.

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah tersebut, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah kabupaten Pidie Jaya,” kata Triana.

Penjabat Bupati Kabupaten Pidie Jaya Pidie Jaya Jailani Beuramat mengatakan raih WTP merupakan bentuk kepatuhan daerah dalam mengelola anggaran negara dengan patut dan bertanggung jawab.

Diapun mengapresiasi jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Pidie Jaya yang telah bertanggung jawab dalam mengelola setiap dana negara tersebut.

“Pemkab Pidie Jaya berhasil mempertahankan opini WTP sejak masa kepemimpinan Bupati Aiyub Abbas dan Wakil Bupati Dr. Said Mulyadi SE. M.Si tahun 2014 lalu hingga 2024,” ujar Jailani.

Shares: