News

Sabang Dipadati Pengunjung, Jadwal Kapal Bertambah jadi Lima Trip  

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ramainya wisatawan yang berkunjung ke Sabang pada libur panjang lebaran Idul Fitri 1440 Hijrah ini, membuat PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) terpaksa menambah rute penyeberangan dari dan ke Banda Aceh- Sabang. Dari semula empat trip bertambah jadi lima trip pada Sabtu 8 Juni 2019.

Keputusan itu diambil pihak ASDP berkoordinasi dengan Dinas Pehubungan Aceh, lantaran antrian panjang penumpang dan kendaraan di pelabuhan Ulee Lheue dan Balohan, Sabang.

“Pengunjung ke Sabang itu memang puncaknya 2 sampai 5 hari paska lebaran. Bukan dominan arus balik pemudik itu, tapi wisatawan,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Pehubungan Aceh (Dishub) Nizarli.

Pihaknya memang sudah jauh-jauh hari telah mempersiapkan lonjakan wisatawan ke Sabang, hingga mengambil pertimbangan angkutan berskala besar tidak diprioritaskan untuk menyeberang.

Mobil dan speda motor di dalam kapal feri. (IST)

“Kita memang sudah prediksi itu (Sabang) bakal ramai. Cuma kalau untuk penumpang, sepertinya tidak ada yang tertahan. Itu hanya kendaraan saja. Kita pun sudah buka trip tambahan lagi,” sebutnya.

Dari empat keberangkatan kapal sebelumnya, ASDP menambah satu kali lagi. Jadwal berangkatnya kapal pukul 19.00 WIB, dari Pelabuhan Ulee Lheue maupun Pelabuhan Balohan Sabang.

“Frekuensi keberangkatannya kita tambah. Kalau biasanya normal kapal berangkat satu kali, kita tambah satu kali lagi begitu,” terangnya.

Saat ini, untuk penyeberangan Ulee Lheue – Balohan, terdapat empat kapal cepat dan dua kapal ferry yang beroperasi.

Sementara itu, tutur Nizarli, kondisi penyeberangan di pelabuhan Labuhan Haji, Aceh Selatan terlihat normal. Tidak begitu tampak lonjakan arus balik pemudik maupun wisatawan.

“Tidak begitu ramai ya. normal lah kalau bisa dibilang. Sekalipun kan, pelabuhan Meulaboh dihentikan sementara untuk layanan arus balik. Masyarakat yang ingin menyeberang ke Sinabang, Pulau Simeulue atau ke daratan Aceh, untuk sementara hanya dilayani di pelabuhan Labuhan Haji. Tapi kondisinya normal, tidak ada penumpukan penumpang maupun kendaraan,” tuturnya. (ASM)

Shares: