News

Sepanjang bulan Juni 2024, 247 kasus lakalantas di Aceh dan sebabkan 54 orang tewas

Januari-Juni 2024, 247 kasus lakalantas di Aceh dan sebabkan 54 orang tewas

POPULARITAS.COM – Sepanjang bulan Juni 2024, telah terjadi sebanyak 247 kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di seluruh wilayah Aceh. Hal tersebut, sebabkan  54 orang meninggal dunia, 393 luka ringan, 17 luka berat, serta kerugian materi capai Rp742 juta.

Demikian disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, M Iqbal Alqudussy dalam keterangannya, Selasa (25/6/2024) di Banda Aceh.

Dia menyebutkan, dari angka lakalantas tersebut, jumlah kasus tertinggi terdapat di Banda Aceh, yakni 60 kasus, kemudian disusul Bireuen 26 kasus dan Aceh Timur, 24 kasus.

Iqbal mengimbau kepada warga pengguna jalan, untuk selalu mengedepankan keselamatan diri dan berhati-hati saat menggunakan kenderaan di jalan. Tetap patuhi rambu lalu lintas dan harga pemakai jalan lainnya, tambahnya.

Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di Aceh, tambah M Iqbal, pihaknya telah melakukan serangkaian pencegahan, salah satunya dengan melakukan tes urin terhadap para pengguna angkutan umum, maupun rental di 8 kabupaten dan kota di Aceh, yakni, Polresta Banda Aceh, Abdya, Aceh Barat, Pidie, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa dan Gayo Lues.

Tes yang dilakukan di 8 daerah tersebut, libatkan 86 supir angkutan. Hasilnya kemudian didapati lima orang positif narkoba jenis amphetamin. Kelimanya berada di daerah, 1 orang di Aceh Timur, 1 di Lhokseumawe dan tiga orang di Langsa.

Untuk saat ini, terhadap supir yang hasil tes urin positif, telah dilakukan pendalaman oleh Satresnarkoba masing-masing wilayan untuk mengetahui asal-asal narkoba yang mereka gunakan, demikian M Iqbal.

Shares: