Kesehatan

Tanda-Tanda Kanker Payudara pada Pria

Tanda-Tanda Kanker Payudara pada Pria (Butsaya/Shutterstock)

POPULARITAS.COM – Kanker payudara memang jarang terjadi pada pria, tapi tidaklah mustahil. Kanker payudara justru lebih berbahaya pada pria daripada wanita karena jarang terdiagnosis dini. Namun, jika diketahui sejak awal maka dapat disembuhkan.

Pria juga memiliki payudara, walaupun tidak seperti wanita. Jaringan payudara pada pria sama seperti pada wanita sebelum pubertas. Sementara pada wanita jaringan payudara akan terus bertumbuh dan berkembang.

dr Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons seperti dikutip dari klikdokter.com menjelaskan, pada pria, kanker payudara memang jarang terjadi jika dibandingkan dengan organ tubuh lain seperti paru-paru dan prostat. Kanker payudara pria lebih sering dialami pria yang lebih tua sekitar 60–70 tahun.

Penyebab dari kanker payudara pada pria masih belum diketahui. Namun, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker payudara pada pria, seperti memiliki keturunan mutasi genetik BRCA2, riwayat kanker payudara pada keluarga dekat wanita, riwayat radiasi pada dada, adanya ginekomastia, menderita kelainan genetik, mengidap sirosis hati, dan sebagainya.

Tanda yang harus diwaspadai

Sebenarnya, kanker payudara pada wanita dan pria sama-sama berbahaya. Perbedaannya adalah kapan kanker tersebut didiagnosis dan diobati.

Banyak kasus kanker payudara pria baru diketahui pada tahap yang sudah parah. Hal ini disebabkan banyak yang tidak mengetahui gejala kanker payudara pria. Beberapa pria juga mendiamkan dan tidak menemui dokter ketika terdapat gejala, seperti adanya benjolan pada payudara.

Tanda dan gejala kanker payudara pada pria mirip dengan wanita, yaitu:

  • Benjolan pada payudara yang tidak nyeri.
  • Perubahan pada kulit payudara, seperti kemerahan, bersisik, berlesung, atau tertarik ke dalam.
  • Perubahan pada puting payudara, seperti kemerahan, bersisik, atau tertarik ke dalam.
  • Cairan dari puting payudara baik, perdarahan atau air susu.

Payudara pada pria juga seperti wanita, terdiri dari lobulus, duktus, dan lemak. Lobulus adalah bagian yang membuat dan menyimpan air susu. Duktus adalah saluran yang membawa air susu ke puting payudara. Lemak adalah komposisi pengisi payudara.

Tipe kanker yang paling sering terjadi pada pria adalah kanker duktus (ductal carcinoma). Hampir semua kanker payudara pria adalah tipe tersebut. Tipe lain seperti lobular carcinoma jarang terjadi karena pria hanya memiliki sedikit lobulus.

Ada juga penyakit Paget pada payudara yang bisa terjadi pada pria. Awalnya muncul pada duktus dan menyebar ke puting, sehingga menyebabkan kulit berkerak dan bersisik di sekitar puting susu.

Pemeriksaan untuk mendiagnosis kanker payudara pada pria sama dengan wanita. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mendeteksi adanya kelainan jaringan payudara seperti benjolan. Sedangkan pemeriksaan penunjang meliputi USG, mammogram, dan biopsi untuk mengonfirmasi dugaan kanker payudara.

Pengobatan kanker payudara pria pun sama dengan wanita meliputi pembedahan, radiasi, kemoterapi, dan terapi hormon. Pemilihan pengobatan bergantung dari tahap atau keparahan kanker tersebut. Hampir 90% dari kanker payudara pria memiliki reseptor hormon, sehingga terapi hormon untuk kanker payudara pada pria lebih baik responsnya dibanding wanita.

Kenalilah tanda-tanda kanker payudara pada pria, agar dapat segera ditangani. Makin awal deteksi dininya, maka makin besar peluang Anda untuk sembuh.[acl]

Shares: