News

6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Hujan lebat berpotensi terjadi disebagian wilayah Aceh

Musim hujan yang mulai berlangsung membuat setiap orang harus lebih waspada, khususnya dalam menjaga kesehatan. Apalagi di masa pandemi yang belum kunjung berakhir.

Dilansir dari laman Okezone.com, ini cara menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan tiba. Supaya Anda tidak mudah sakit, dan selalu terjaga dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19, lakukan hal berikut ini.

  1. Tidur yang cukup

Beberapa penelitian menyatakan, bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari tiga kali lebih mudah terserang flu. Jadi tidurlah lebih awal, kurangi berhadapan ke layar tv atau handphone sehingg dapat tidur nyenyak.

  1. Cuci tangan secara teratur dengan air dan sabun

Kemudian mencuci tangan secara teratur adalah langkah awal untuk mencegah penyebaran banyak kuman melalui udara, dan air yang turun selama musim hujan.

  1. Minum yang banyak

Minuman hangat seperti teh dan jus yang kaya nutrisi dapat membantu mencegah dehidrasi dan mengurangi sakit tenggorokan. Serta tak lupa memperbanyak minum air putih selama musim hujan.

  1. Makan sayur dan buah yang tinggi antioksidan

Makan lebih banyak sayuran seperti bayam agar menciptakan sistem kekebalan yang lebih kuat. Sehingg Anda tidak akan mudah sakit, atau terserang flu selama musim hujan.

  1. Tetap berolahraga

Olahraga sedang hingga berat setiap hari dapat membantu mencegah infeksi dengan meningkatkan kebugaran tubub Anda, sehingga dapat meningkatkan kekebalan. Meski musim hujan jangan lupa olahraga, ya.

  1. Konsumsi susu dan makanan lain yang kaya probiotik

Susu, keju, dan yogurt mengandung asam linoleat dan probiotik yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi. Makanan dengan vitamin D juga membantu meningkatkan kekebalan.

Shares: