News

Anak lebih percaya perkataan ibunya

Anak lebih percaya perkataan ibunya

POPULARITAS.COM – Seorang anak lebih percaya perkataan ibunya dibandingkan ayahnya. Karna itu, seorang ibu harus memiliki pilihan atau diksi kata yang tepat, agar mudah dipersepsikan seorang anak. Jadi, anak akan lebih mudah mengartikulasi ibunya sendiri.

Hal tersebut disampaikan psikolog anak dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Fabiola Priscilla, dalam keterangannya, Kamis (6/6/2024) di Jakarta.

“Kata yang paling anak-anak percayai itu perkataan ibunya ya,” katanya dikutip dari laman Antara.

Karna itu, penting bagi seorang itu untuk memilih kata-kata terbaik. Nah, motivasi ibu dalam mengajari anak sangat penting ketika ibu tersebut menggunakan kalimat-kalimat yang bijak.

“Jadi tidak boleh di awal menghakimi anak lambat belajarnya, kalau kita tidak paham beberapa aspek yang mendukung perkembangan anak,” kata Fabiola.

Anak, kata dia, ada yang mesti melalui proses auditori atau mengandalkan pendengaran saat belajar.

Ada juga anak yang mesti melalui proses visual atau mengandalkan penglihatan atau ada juga yang kinestetik, di mana mesti praktik langsung baru bisa belajar.

“Jadi kalau belajar, ada yang harus mendengarkan frekuensi suara gurunya naik-turun dulu agar dia lebih mudah paham. Ada yang visual banget, jadi kalau belajar mesti diwarnai, dibikin bagan-bagan. Repot ya, tapi buat saya yang anak visual senang dengan yang begitu. Terus ada juga anak yang mesti praktik langsung baru mengerti,” kata Fabiola.

Menurut Fabiola, anak sudah mulai belajar sejak dia berumur dua tahun. Maka sejak anak berumur dua tahun pula, ibu mulai bisa memonitor pembelajaran anaknya.

Shares: