EkonomiNews

Anggaran Penurunan Angka Kemiskinan di Aceh Capai Rp 9,3 Triliun

Pemerintah Aceh akan Bangun Jembatan Panca 2022
Kepala Bappeda Aceh, T. Ahmad Dadek. (Ist)

POPULARITAS.COM – Alokasi anggaran untuk menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Aceh pada 2021 mencapai sebesar Rp9,384 triliun.

“Anggaran pengentasan kemiskinan tersebut bersumber dari APBA, APBN, dan dana CSR dari perusahaan daerah, swasta dan BUMN,” kata Kepala Bappeda Aceh T Ahmad Dadek seperti dilansir laman Antara, Senin (15/2/2021).

Ia menjelaskan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2021, ada enam kegiatan prioritas untuk menurunkan kemiskinan ke angka 14,5 persen yakni membantu menekan pengeluaran masyarakat miskin Rp3,499 triliun, meningkatkan pendapatan masyarakat Rp384 miliar, meningkatkan sumber daya masyarakat miskin Rp3,704 triliun, dampak bencana Rp386 miliar, menjaga stabilitas pangan Rp21 miliar, dan menekan biaya transaksi ekonomi Rp1,387 triliun.

“Pemerintah Aceh terus berupaya memaksimalkan anggaran yang dialokasikan dalam APBA khususnya menyentuh langsung pada permasalahan yang ada,” katanya.

Selanjutnya, melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN) sebesar Rp1,283 triliun dan CSR Rp41 miliar.

Pihaknya optimistis dengan berbagai program yang dikucurkan pada 2021 tersebut, upaya menekan angka kemiskinan dapat terwujud.

Ia menambahkan jika mampu mempertahankan angka kemiskinan di tengah pandemi COVID-19 yang berdampak pada semua sektor ekonomi, maka merupakan sebuah kinerja yang patut untuk diapresiasi.

Shares: