News

Aparat keamanan giring etnis Rohingya menuju UPTD Dinsos Aceh

UNHCR: 664 imigran Rohingya masuk Aceh sepanjang 2022

POPULARITAS.COM – Aparat keamanan dari Polri, TNI AD, TNI AL bersama unsur terkait lainnya menggiring sebanyak 184 etnis Rohingya menuju UPTD Dinas Sosial (Dinsos) Aceh di Ladong, Aceh Besar, Minggu (8/1/2023) sore.

Amatan popularitas.com, mereka digiring dengan cara berjalan kaki hingga ratusan meter menuju titik evakuasi ke dalam truk untuk selanjutnya dibawa ke UPTD Dinsos Aceh.

Proses penggiringan dilakukan menggunakan seutas tali dengan pengawalan ketat aparat keamanan. Serarusan etnis Rohingya lalu berjalan berturut-turut melewati pohon cemara yang memadati pantai di sekitar mereka terdampar.

“Jadi sore ini pengungsi kami geser ke pengungsian di UPDT Dinsos Aceh di Ladong, bersama rekannya yang lain,” kata Kapolresta Banda Aceh, Komisaris Besar Polisi Fahmi Irwan Ramli kepada wartawan, Minggu (8/1/2023) sore.

Mantan Kabid Propam Polda Aceh itu menjelaskan bahwa secara umum kondisi para etnis Rohingya dalam keadaan sehat. Namun, dari 75 orang wanita dewasa, satu di antaranya dalam kondisi hamil.

“Dan ada 4 orang yang sakit, kami sudah koordinasi dengan dokter puskesmas, petugas akan datang kemari untuk mengecek kesehatan awal dari pengungsi ini terutama yang sakit,” katanya.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

Sebelumnya diberitakan, etnis Rohingya kembali terdampar di Provinsi Aceh, tepatnya di Pesisir Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (8/1/2023) siang.

Amatan popularitas.com, imigran yang diperkirakan berjumlah seratusan orang itu kini dikumpulkan di suatu tempat, tak jauh dari lokasi mereka terdampar.

Aparat kepolisian tampak berjaga-jaga di lokasi. Sementara ratusan warga datang berbondong-bondong untuk menyaksikan para pengungsi dari negara Myanmar itu.

Berdasarkan data otoritas setempat, etnis Rohingya tersebut berjumlah 184 orang, terdiri 69 laki-laki dewasa, 75 wanita dewasa dan 40 anak-anak dengan rincian 22 laki-laki dan 18 perempuan.

Shares: