HeadlineNews

Bang Wanto di tahun kedua, isyarat ‘reshuffle kabinet’

Muhammad Iswanto dukung kebijakan SE yang diterbitkan Pj Gubernur Aceh

POPULARITAS.COM – Jumat 14 Juli 2023, Pj Gubernur Achmad Marzuki, serahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagr) RI tentang perpanjangan masa jabatan Muhammad Iswanto sebagai Penjabat Bupati Aceh Besar. Hal itu menandai penambahan pengabdian lelaki kelahiran Blang Bintang itu bagi daerah yang Ia cintai.

Ya, Bang Wanto, karib Muhammad Iswanto dikenal luas rekan-rekannya, merupakan putra asli Aceh Besar. Ia mencintai daerah itu dan selalu Ingin memberikan pengabdian terbaik. Mengawali karir ASN di Pemkab Aceh Besar. Suami Cut Rezky Handayani itu memang dikenal luwes dan mudah bergaul dengan siapa saja.

Persis 14 Juli 2022 lalu, Kepala Biro Protokol Pimpinan (Prokim) Setda Aceh itu, menerima amanah sebagai Penjabat Bupati Aceh Besar. 12 bulan Ia habiskan dengan penuh dedikasi dan integritas. Lelaki itu seperti tak kenal lelah dalam bekerja. Bahkan, para bawahannya kerap berkeluh kesah betapa Bang Wanto seperti punya tenga ekstra.

Salah satu bawahan beliau, dalam bincang-bincang kepada popularitas.com beberapa waktu lalu, akui tenaga super ekstra yang dimiliki Bang Wanto. Lelaki itu sepertinya tak kenal lelah mengurus semua program dan rakyat Aceh Besar. 

Bayangkan, kata lelaki yang kerap embeded atau menempel Bang Wanto dalam aktivitas rutinnya, Pj Bupati Aceh Besar itu mengawali hari kerja usai sholat subuh berjamaah, dan baru berhenti tepat pukul 00.00 WIB. “Dia (Muhammad Iswanto-red) seperti punya tenaga cadangan,” ungkapnya.

Dalam kurun waktu setahun pimpin Aceh Besar, ujarnya lagi, nyaris semua kecamatan sudah pernah Ia jalani dan kunjungi, ke gunung, laut pantai, bahkan daerah terpencil sekalipun seperti Pulo Aceh, sudah beberapa kali Ia injakkan kaki ke sana.

Pj Bupati Aceh Besar mutasi 38 pejabat eselon III
Pj Bupati Muhammad Iswanto saat melantik 38 pejabat eselon III dilingkup sekretariat daerah (Setdakab) Aceh Besar, Jumat (18/11/2022). FOTO : HUMAS Aceh Besar

Setiap tempat yang Ia kunjungi, kata Staf Setdakab Aceh Besar itu lagi, Ia memastikan semua arahannya terlaksana dengan tertib di lapangan, dan bahkan tak jarang Bang Wanto langsung telpon bawahannya jika didapati hambatan di lapangan yagn Ia datangi. “Sebagai orang yang selalu mendampingi beliau, Kadang saya sendiri kehabisan tenaga. Tapi beliau masih tegar dan kuat di lapangan,” paparnya.

Usai menerima SK perpanjangan masa jabatan Pj Bupati Aceh Besar, Bang Wanto saat berbincang dengan popularitas.com, Jumat (14/7/2023) memastikan dirinya akan terus abdikan diri untuk daerah yang Ia cintai. Satu hal yang pasti, katanya, Ia akan melakukan reformasi birokrasi guna mengakselerasi dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat serta memastikan seluruh program dan kegiaran pro-rakyat dapat berjalan dengan optimal.

Dalam kurun waktu setahun terakhir, ujarnya lagi, Ia telah banyak memantau serta evaluasi staf jajarannya di bawahnya. Dia sendiri berusaha untuk tegak lurus dan berkomitmen kepada Presiden RI dan Menteri Dalam Negeri selakuk atasannya guna bekerja untuk Aceh Besar.

Nah, untuk tahun kedua ini, semua jajaran di Aceh Besar harus bersikap tegak lurus pada pimpinan. Sebab, loyalitas adalah faktor penting untuk secara bersama menjalankan roda pemerintahan yang efektif dan efisien. “Silahkan memilih keluar dari barisan saya jika sudah tidak sanggup tegak lurus dan loyal,” tandasnya.

Untuk wujudkan tim kerja yang solid dan kompak, dibutuhkan orang-orang yang mampu memahami peran dan tugasnya, serta miliki loyalitas penuh terhadap pimpinan. Sehingga, arahan-arahan pemimpin bisa dijalankan dengan benar dan sama sekali tidak ada upaya menelikung perintah.

Tantangan dan dinamika perubahan masyaraka terus bergerak, untuk menjawab hal tersebut, dibutuhkan pemerintah yang dinamis dan siap mengimbangi ritme tuntutan masyarakat yang makin kompleks. Karna itu, guna merespon hal itu, diperlukan sumber daya manusia yang unggul mumpuni dan tegak lurus pada pimpinan guna menjawab persoalan warga.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto saat meninjau Pasar Induk Lambaro, Minggu (9/4/2023). Kunjungan itu merupakan kali sekian Pj Muhammad Iswanto ke kawasan itu. saat kunjungan itu, Muhammad Iswanto berdialog dengan pedagang kali lima (PKL) dan memberikan opsi untuk pemindahan para PKL ke dalam kawasan pasar dan lapak yang disediakan. Hal tersebut untuk mengurai kondisi kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di kawasan itu. FOTO : Humas Aceh Besar

Aceh Besar, kata suami Cut Rezky Handayani itu, merupakan daerah kelahiran kita semua. Jadi, setiap orang yang bekerja bersamanya, harus punya motivasi untuk membangun tempat Ia lahir, tumbuh dan dibesarkan. Sebab, dengan begitulah semua pejabat yang mengabdikan diri untuk rakyat dapat mempersembahkan hal terbaik selama memimpin daerahnya.

Untuk wujudkan itu, kata Bang Wanto, semua orang harus seiring sejalan, senada dan seirama, agar pemerintah bisa berlari kencang dalam menjawab berbagai tantangan dan persoalan yang ada.

“Saya Ingin lari kencang, yang Ingin ikut ayo bersama dan jika tidak sanggup dan tidak bersedia, silahkan keluar dari gerbong,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Bang Wanto mengabarkan bahwa, dirinya telah bertemu dengan Itjen Kemendagri dan beri sinyal bahwa dirinya bisa melakukan reformasi birokrasi secara menyeluruh demi perbaik kinerja dan kualitas pelayanan yang terbaik bagi warga Aceh Besar.

Shares: