News

BMKG : Aceh masih diguyur hujan hingga pekan depan

Hujan dengan intensitas tinggi telah melanda provinsi Aceh sejak sepekan terakhir. Dampaknya, sejumlah daerah, seperti Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tamiang alami banjir dikarenakan meluapnya sungai yang terdapat di daerah-daerah itu.
BMKG : Aceh berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir

POPULARITAS.COMHujan dengan intensitas tinggi telah melanda provinsi Aceh sejak sepekan terakhir. Dampaknya, sejumlah daerah, seperti Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tamiang alami banjir dikarenakan meluapnya sungai yang terdapat di daerah-daerah itu.

Akibat banjir yang menerjang sejumlah daerah di provinsi ujung barat Sumatra itu, telah timbulkan kerugian besar, tidak hanya kerusakan fasilitas umum, tapi juga membuat sebagian besar warga terpaksa mengungsi.

Hingga Jumat (27/1/2022), hujan masih terus mengguyur provinsi berjuluk serambi mekkah ini, dan diperkirakan masih akan berlangsung hingga pekan depan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kordinator Data dan Informasi BMKG Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar, Zakaria Ahmad, dalam keterangannya, Jumat (27/1/2023). “Dari prakiraan cuaca, hujan masih akan terjadi hingga sepekan kedepan,” terangnya.

Guyuran hujan yang melanda daerah ini, akan munculkan bencana hidrometeorologi, karna itu pihaknya minta masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap ancaman yang ada.

Masih besarnya bibit siklon tropis di Samudera Hindia sebelah barat daya Aceh, menjadi salah satu penyebab masih tinginya potensi hujan di daerah ini. Konvergensi massa udara yang sebabkan tumbuhnya awan hujan.

Faktor lainnya penyebab masih tingginya curah hujan di daerah ini, dikarenakan adanya gangguan pada atmosfer resby equator, yakni terjadinya pergerakan udara basah dari timur ke barat.

Dengan potensi hujan yang masih tinggi, maka ancaman berupa tanah longsor, dan banjir jadi masalah yang harus di waspadai oleh masyarakat yang tinggal di daerah resiko bencana.

Shares: