News

Cara Cek Bansos Tunai yang Diperpanjang hingga Juni 2021

Kementerian Sosial (Kemensos) memperpanjang program Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga Juni 2021 mendatang. Bantuan diberikan sebesar Rp200 ribu per orang.

“Presiden Jokowi (Joko Widodo) sudah menyetujui untuk perpanjangan BST yang dimulai bulan Januari sampai Juni. Nilainya menjadi Rp200 ribu per orang. Tapi mudah-mudahan bisa disesuaikan lagi menjadi Rp300 ribu tergantung keputusan Presiden,” kata Menteri Sosial Juliari Batubara, Sabtu (14/11).

Lantas, bagaimana cara mengecek jika Anda terdaftar sebagai kelompok penerima BST?

Anda dapat mengecek status secara daring di laman resmi Kemensos yakni https://dtks.kemensos.go.id/.

Di lama tersebut, Anda dapat memasukkan nomor kependudukan seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)/Basis Data Terpadu (BDT) Anda.

Namun, jika tak memiliki keduanya, Anda juga dapat memasukkan nomor Penerima Bantuan Iuran (PBI) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Setelahnya, masukkan nama Anda dan kode unik pengaman yang disediakan. Lalu, klik tombol cari. Jika terdaftar, nama Anda akan tampil di halaman situs web.

Jika belum terdaftar dalam sistem DTKS maka Anda harus mendaftarkan diri. Caranya, lapor ke Kepala Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK.

Selanjutnya akan dilakukan musyawarah di tingkat desa/kelurahan untuk membahas jika Anda layak masuk ke dalam DTKS berdasarkan prelist awal dan usulan baru.

Nantinya, musyawarah desa atau kelurahan akan menghasilkan berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah dan perangkat desa lainnya, data ini lah yang menjadi prelist akhir.

Setelah diverifikasi dan divalidasi secara bertahap mulai dari tingkat kelurahan hingga Kemensos, nama Anda akan secara otomatis terdaftar dalam DTKS.

Sumber: CNN

Shares: