News

Cengkeh, lada dan pinang jadi ikon di Anjungan Aceh Besar pada PKA-8

Cengkeh, lada dan pinang jadi ikon di Anjungan Aceh Besar pada PKA-8

POPULARITAS.COM – Ragam komoditi unggulan Aceh Besar, jadi ikon yang ditampilkan di Anjungan pemerintah daerah tersebut. Hal itu guna mendukung semangat tema PKA-8, rempahkan bumi pulihkan dunia.

Pj Bupati Muhammad Iswanto, saat meninjau Anjungan Pemkab Aceh Besar, Minggu (5/11/2023) mengatakan, selain cengkeh, lada, dan pinang, sejumlah komoditi lainnya juga ikut dipamerkan pihaknya, seperti jahe merah, kunyit, rotan dan tembakau.

Semua komoditi tersebut, merupakan hasil produksi unggulan Aceh Besar. Ragam rempah yang dipamerkan itu, merupakan produksi pertanian dan perkebunan dan selama ini telah dikenal sejak kerajaan Aceh Darussalam, tambah Muhammad Iswanto.

Selaian rempah, pihaknya juga menampilkan gerobak peninggalan tempo dulu yang digunakan sebagai pengangkut rempah, alat membuat songket, alat masak tradisional serta alat prosesi adat.

Tak kalah menarik lagi, untuk menghibur para pengunjunng Pemkab Aceh Besar juga menyiapkan panggung hiburan berupa atraksi seudati, semuapa, tarian likok pulo yang merupakan tarian tradisonal yang teurs dijaga dan dilestarikan.

“Kami juga menampilkan memamerkan miniatur kapal Laksamana Malahayati,” kata Muhammad Iswanto yang turut didampingi Pj Ketua PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani.

Ia mengajak para pengunjung untuk dapat mengunjungi langsung anjungan Kabupaten Aceh Besar guna menambah wawasan akan perkebagan jalur rempah yanga da dii kabupaten tersebut.

“Kami juga menyiapkan tempat pengisian air minum bagi pengunjung sebagai komitmen anjungan dan Pemkab Aceh Besar dalam mendukung kegiatan PKA 8 ramah lingkungan,” pungkasnya. 

Editor : Hendro Saky

Shares: