News

Dayah IQ buka pendaftaran santri baru, catat jadwalnya

Dayah IQ buka pendaftaran santri baru, catat jadwalnya

POPULARITAS.COM – Dayah Insan Qurani (IQ) YPUQ Aneuk Batee Aceh Besar kembali membuka Pendaftaran Santri Baru (PSB) tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah mulai tanggal 19-24 Desember 2022. Pendaftaran dapat dilakukan secara daring melalui website psb.insanqurani.web.

Kemudian ujian seleksi dilaksanakan 26 dan 27 Desember, pengumuman dilakukan pada 30 Desember 2022. Selanjutnya, pendaftaran ulang dilakukan pada 9-14 Januari 2023.

Sekretaris Dayah Insan Qurani, Alfirdaus Putra mengatakan, PSB dilaksanakan dalam satu gelombang dan calon santri perlu mempersiapkan beberapa data penting. Di antaranya, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Kartu Keluarga, dan file pas foto berdimensi 3×4 dengan warna latar biru.

“Untuk NISN dan NPSN dapat ditanyakan pada tata usaha sekolah asal calon santri. Nomor tersebut merupakan nomor indentitas siswa dan sekolah yang wajib ada untuk setiap pelajar dan sekolah di Indonesia. Nanti data-data tersebut diinput langsung ke website pendaftaran oleh calon santri atau wali santri,” ujarnya.

Lebih lanjut Alfirdaus menyampaikan, petunjuk teknis pendaftaran atau tata cara pendaftaran akan disampaikan melalui web psb.insanqurani.id atau dapat menghubungi panitia melalui website tersebut.

Ia mengajak putra putri terbaik dari seluruh Indonesia, khususnya Aceh, agar memanfaatkan momentum ini untuk bergabung menjadi keluarga besar Dayah Insan Qurani.

“Dayah Insan Qurani hanya membuka satu gelombang pendaftaran santri baru. Untuk itu kepada wali santri dan anak-anak kami yang tertarik menjadi santri Dayah Insan Qurani, agar memanfaatkan waktu pendaftaran ini sebaik-baiknya dan mengikuti mekanisme yang ditetapkan panitia PSB Dayah Insan Qurani,” ujarnya.

Dayah Insan Qurani merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, yang beralamat di jalan Banda Aceh-Medan Km 12,5 Komplek Mesjid Baitul Adhim, Desa Aneuk Batee Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar.

Dayah ini mengintegrasikan pendidikan agama, sains dan humaniora, serta pengembangan bakat minat dalam kurikulum pembelajaran dayah.

Pembelajaran dengan kitab kuning, tahfidzul quran, dipadu dengan kurikulum pendidikan nasional dan metode pengajaran Pondok Pesantren Gontor yang dikembangkan khusus untuk membentuk pribadi santri intelektual yang Qurani.

Sejak didirikan pada 2014 yang lalu, dayah Ini dipimpin oleh Ust. Muzakkir Zulkifli, S.Ag. Meskipun usianya masih terbilang belia, namun alumni Dayah IQ telah banyak tersebar di berbagai kampus mancanegara.

Di antaranya, Universitas Al-Azhar Mesir, International University of Africa Sudan, Universitas Hassan II Maroko, Necmettin Erbakan University Turki, Universitas Islam Sulthan Sharif Ali Brunei Darussalam, dan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia.

Dalam berbagai ajang perlombaan tingkat daerah dan provinsi, santri Dayah Insan Qurani juga kerap meraih prestasi yang membanggakan. Seperti pada even MTQ Tingkat Provinsi Aceh tahun 2022 yang lalu, santri dan alumni dayah ini total meraih 25 juara pada ajang tersebut.

Selain itu para santri juga menjadi juara umum pada event Realistig cabang agama, juara umum pada event RIAB Fair, juara umum Porseni Kabupaten Aceh Besar, serta juara umum dua Exhibition Darul Ulum tahun 2022.

Shares: