News

Dunia terbelah dalam blok berlawanan, BRICS punya tanggungjawab perbaiki tatanan global

Dunia terbelah dalam blok berlawanan, BRICS punya tanggungjawab perbaiki tatanan global

POPULARITAS.COMMenteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, saat ini dunia terbelah dalam blok-blok yang saling berlawanan. Hal tersebut telah sebabkan tatanan global kehilangan makna dan setiap negara mengejar kepentingan masing-masing.

Karena itu, keberadaan BRICS diharapkan berpotensi perjuangkan hak-hak pembangunan dan keadilan negara-negara berkembang. Hal tersebut disampaikan Menlu Retno Marsudi saat beri sambutan pada pertemuan para Menteri Luar Negeri BRICS dengan negara-negara mitra di Cape Town, Afrika Selatan, Jumat (2/6/2023).

Menlu Retno berharap, negara BRICS (Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan) ikut bertanggungjawab perbaiki tatanan global yang saat ini tidak sehat. Ia juga menilai bahwa, BRICS berpotensi jadi kekuatan positif untuk hal tersebut.

Dia menambahkan BRICS harus memperjuangkan hak pembangunan setiap negara, terutama negara berkembang yang hingga saat ini masih banyak mengalami ketidakadilan ekonomi.

Menurut Retno, negara-negara Global South berhak menjadi bagian dari rantai pasok global dan bebas dari diskriminasi perdagangan serta perangkap utang.

Isu tersebut juga telah diangkat oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan KTT G7 Outreach di Hiroshima, Jepang, Mei lalu.

“Saya harap BRICS dapat ikut mendukung upaya ini dan tidak menjadi bagian dari ketidakadilan ekonomi,” kata Retno.

Retno juga mengajak BRICS memperkuat multilateralisme yang inklusif.

Tata kelola global, lanjut dia, harus direformasi dengan mempertimbangkan suara dan kepentingan negara-negara berkembang.

Retno menegaskan multilateralisme hanya dapat berkembang jika semua pihak menghormati hukum internasional secara konsisten tanpa standar ganda sebagai fondasi tatanan global.

Selain Indonesia, pertemuan para Menlu BRICS itu juga dihadiri 14 negara undangan lainnya.

Keempat belas negara itu adalah Arab Saudi, Argentina, Bangladesh, Burundi, Komoro, Gabon, Guinea-Bissau, Iran, Kazakhstan, Kuba, Mesir, Republik Demokratik Kongo, Uni Emirat Arab, dan Uruguay.

Tahun ini Indonesia telah diundang pada sejumlah pertemuan BRICS di bawah keketuaan Afrika Selatan.

Editor : Hendro Saky

Shares: