NewsPolitik

Enam nama calon Panwaslih Aceh Selatan dikirim ke Bawaslu RI

POPULARITAS.COM – Panitia Seleksi Calon Anggota Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Selatan mengirimkan enam nama calon anggota panwaslih daerah itu ke Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Ketua Pansel Calon Anggota Panwaslih Zona IV Wais Alqarni mengatakan enam nama yang sudah ditetapkan tim pansel adalah Deri Friadi, Masrafit, Maman Supriadi, Wahyu Aulizar, Basar Mulyadi, dan Fauzi.

“Enam nama yang dinyatakan lulus akan dikirim ke Bawaslu untuk menjalani fit and proper test. Tiga orang nantinya akan ditetapkan sebagai anggota Panwaslih Aceh Selatan dan tiga orang lainnya ditetapkan sebagai cadangan,” kata Wais, dikutip dari laman Antara, Selasa (1/8/2023).

Ia menjelaskan keenam nama itu ditetapkan setelah lulus seleksi tahap wawancara dan kesehatan. Ada 12 nama yang mengikuti tes kesehatan dan wawancara, namun hanya enam nama yang dipilih.

Menurut Wais, tugas tim seleksi ialah menjaring calon hingga enam nama, kemudian dilakukan uji publik dengan mendengar pendapat masyarakat terkait rekam jejak calon anggota Panwaslih Aceh Selatan.

Sejauh ini, pansel sudah bekerja secara profesional dalam menjaring calon anggota Panwaslih Aceh Selatan.

“Kami sudah membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan hingga sampai batas akhir waktu yang ditentukan, selanjutnya enam nama itu akan kami serahkan ke Bawaslu RI,” katanya.

Ia menambahkan proses penilaian akhir merupakan gabungan nilai kesehatan dan wawancara. Penilaian kesehatan dilakukan oleh dokter kesehatan Polda Aceh, sedangkan wawancara oleh tim pansel.

“Nilai kesehatan itu kewenangan Polda Aceh, sementara nilai wawancara menjadi kewenangan tim seleksi. Setelah digabungkan tes wawancara dan tes kesehatan maka terpilih enam nama itu dengan nilai tertinggi dari 12 orang yang ikut seleksi,” ujarnya.

Shares: