NewsWisata

Gampong Lubok Sukon di Aceh Besar raih ADWI 2023

Gampong Lubok Sukon di Aceh Besar raih ADWI 2023

POPULARITAS.COM – Setelah melewati proses seleksi yang panjang dan Ketat, Gampong Lubok Sukon di Aceh Besar, akhirnya berhasil meraih juara di ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatifi (Kemenparekraft) RI.

Pada ADWI 2023 yang dilangsungkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Minggu (27/8/2023) malam, Gampong Lubok Sukon secara resmi diumumkan raih juara harapan untuk kategori Kelembaggan Desa Wisata dan CHSE.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto yang hadir dalam acara puncak ADWI 2023 itu, dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/8/2023) mengatakan, prestasi yang diukir Gampong Lubok Sukon merupakan hal yang membanggakan. Karna itu, Ia mengajak semua pihak, untuk bersyukur atas juara yang di raih tersebut.

Ia juga menerangkan, proses untuk menjadi juara di ADWI, setiap tahunnya semakin berat dan penuh tantangan. Hal itu dikarenakan, setiap tahun jumlah desa yang berpartisipasi terus meningkat.

Contohnya saja, ungkap Bang Wanto, karib Pj Bupati Aceh Besar disapa, untuk ADWI 2023, terdapat 7.276 desa yang terjaring untuk keikutsertaan peserta. Kemudian, dari jumlah itu, tersisa 4.573 desa yang mendaftar. Hasil seleksi ke tahapan selanjutnya, hanya sisakan 500 desa yang lolos tahap awal.

Nah, selanjutnya, dari 500 desa itu dilakukan seleksi lagi, untuk kemudian ditetapkan 75 desa wisata terbaik pada penilaian ADWI 2023. “Alhamdulillah, setelah lewati proses panjang itu, Gampong Lubok Sukon bisa raih juara harapan,” paparnya.

Sebagai pimpinan di Aceh Besar, Pj Muhammad Iswanto sampaikan terimakasih kepada seluruh warga, perangkat desa, tokoh ada dan ulama di Gampong Lubok Sukon, berkat kerja keras dan dedikasinya sehingga desa itu bisa menang di ADWI 2023.

Dalam pengumuman ADWI 2023 yang dilangsungkan di TMII Jakarta, berikut desa yang jadi jaura dalam kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE, yakni, Juara 1, Gampong Iboih Kota Sabang, juara 2 Gampong Bira Tengah Kabupaten Sampang, juara 3 Desa Wisata Duren Sari Sawahan Kabupaten Trenggalek, juara 4 Desa Wisata Bowele Kabupaten Malang, juara 5 Desa Wisata Kakaskasen Dua Kota Tumohon.

Sementara juara harapan adalah, Lubok Sukon Aceh Besar, Desa Cibeusi Subang, Desa Baytara, Desa Besani Kabupaten Batang dan Desa Wisata Tompo Bulu Kabupaten Pangkajene Kepulauan. 

Shares: