News

Hari Ini, Positif Covid-19 di Aceh Bertambah 61 Kasus

Hari Ini, Positif Covid-19 di Aceh Bertambah 61 Kasus

POPULARITAS.COM – Pasien positif Covid-19 di Aceh bertambah sebanyak 61 kasus pada Sabtu, 5 September 2020. Sehingga, secara akumulasi, total pasien Covid-19 di Tanah Rencong menjadi 1.944 kasus.

Hal tersebut berdasarkan data yang diupdate di website Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Sabtu, 5 September 2020 pukul 15.24 WIB. Dari jumlah itu, 1.168 di antara masih menjalani perawatan ataupun isolasi mandiri, 700 sudah sembuh dan 76 meninggal dunia.

Data tersebut juga menyebutkan, 61 pasien tambahan itu tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Aceh. Kabupaten Aceh Selatan menjadi daerah penyumbang terbanyak, yakni 19 kasus, disusul Kabupaten Simeulue 11 kasus.

Kemudian, Aceh Barat Daya (Abdya) bertambah 6 kasus, Banda Aceh dan Aceh Tamiang masing-masing bertambah 5 kasus. Lalu, Aceh Barat dan Nagan Raya masing-masing bertambah 4 kasus.

Selanjutnya, Aceh Besar bertambah sebanyak 3 kasus, Pidie bertambah 2 kasus. Sedangkan Aceh Timur dan Bireuen masing-masing bertambah 1 kasus.

Sementara PDP saat ini berjumlah sebanyak 275 orang. Dari jumlah ini, 31 orang masih dalam perawatan atau isolasi mandiri, 229 dinyatakan sembuh, dan 15 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG dalam keterangannya, Jumat (4/9/2020) menyebutkan, kasus-kasus baru Covid-19 akan terus bertambah jika semua komponen masyarakat belum tumbuh kesadaran bersama.

Padahal, menurut SAG, bahwa Covid-19 bisa dilawan dengan cara sangat sederhana. Covid-19 tak leluasa menular apabila semua orang disiplin mencuci tangan dengan sabun, tidak berkerumun, menjaga jarak antarsesama, dan memakai masker seperti pakaian yang wajib dikenakan sehari-hari.

“Sosialisasi pemakaian masker dilakukan secara dramatis dan masif supaya kesadaran pemakaian masker itu pun menjadi masif di seluruh Aceh,” pungkasnya. []

Reporter: Muhammad Fadhil
Editor: Acal

Shares: