News

Jokowi Minta Plt Gubernur Sambungkan Tol ke Sentra Pertanian dan Pariwsata

POPULARITAS.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol pertama di Aceh yaitu Sigli-Banda Aceh seksi 4 Blang Bintang – Indrapuri sepanjang 13,5 kilometer, pada Selasa (25/08/2020).

Pada peresmian itu, Presiden Jokowi meminta Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan bupati, untuk menyambungkan jalan tol tersebut ke sentra pariwisata dan industri.

Agar, konektivitas jalan tol bisa meningkatkan perekonomian antar sektor di Aceh.

“Saya titip ini kepada Gubernur, saya minta disambungkan ke sentra pertanian, pariwisata, industri agar bermanfaat untuk warga Aceh. Kita harap Aceh bisa jadi epicentrum ekonomi di Pulau Sumatera,” ucapnya.

Jokowi mengatakan, pembahasan lahan untuk pembangunan jalan tol pertama di Aceh ini begitu cepat. Dari 74 kilometer yang akan dibangun, lahan yang sudah bebas mencapai 80 persen.

“Pembebasan lahan di Aceh paling cepat sepanjang yang saya tau, sudah 80 persen, ini cepat sekali,” kata Jokowi.

Diketahui, Tol Sigli – Banda Aceh terdiri dari 6 (enam) seksi yaitu Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang hadir bagi masyarakat Aceh.

Seksi 1 Padang Tiji – Seulimum (24,3 km), seksi 2 Seulimum – Jantho (7,6 km), seksi 3 Jantho – Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang (13,5 km), seksi 5 Blang Bintang – Kuta Baro (7,7 km) dan seksi 6 Kuto Baro – Baitussalam (5 km).

Reporter: dani

Shares: