News

Kendala Belajar Daring Tak Ada Smartphone Hingga Jaringan Lelet

Belum Ada Izin dari Satgas Covid-19 Pidie, SMA/SMK Masih Sekolah Daring

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Kepala sekolah SMP 5 Negeri Lhokseumawe, Sri Aryati mengaku kendala belajar daring selama ini ada sejumlah siswa tidak memiliki smartphone hingga jaringan lelet, karena tempat tinggal jauh dari perkotaan.

“Kendala pertama itu adalah jaringan internet, dan yang kedua ada anak-anak tak memiliki handphone, mengingat perekonomian orang tua murid tak semua memiliki fasilitas untuk anaknya yang mengikuti sistem belajar daring,” kata Sri Aryati, Senin (20/7/2020).

Kendati demikian, Sri mengaku menawarkan solusi lain bagi yang tidak memiliki smarphone. Siswa diminta untuk datang ke sekolah dua hari sekali. Lalu mereka diberikan tugas oleh wali kelas, selanjutnya dikerjakan di rumah masing-masing.

“Setelah selesai mengerjakan tugas mereka kembali lagi ke sekolah dan diberikan tugas lagi dan terus berlanjut hari berikutnya. Hanya itu solusi yang dapat disarankan kepada wali murid, agar proses belajar di tengah pandemi tetap berjalan lancar,” jelasnya.

Menurutnya, siswa yang memiliki smartphone di sekolah yang dipimpinnya sekitar 80 persen. Selebihnya tidak memiliki perangkat telepon pintar dan mereka harus belajar secara manual dengan datang langsung ke sekolah.

“Terkendala lainya adalah, sebagian orangtua murid ada yang tidak bisa menggunakan internet, bahkan cara buka email saja ada yang tidak bisa,” ungkapnya.

Sri mengaku untuk dewan guru hingga sekarang tidak ada kendala mengajar secara daring. Apa lagi di sekolah ada laboratorium komputer yang memiliki jaringan internet dapat dipergunakan guru menyampaikan materi secara daring kepada siswa di rumah.

“Kalau guru dapat mempergunakan fasilitas yang ada di sekolah, termasuk internet,” jelasnya.

Adapun aplikasi yang dipelgunakan, sebutnya, seperti google class room. Sistem belajar ini juga sebelumnya sudah dijelaskan kepada wali murid. “Kita harapkan kepada orangtua untuk bekerja sama dengan guru agar proses belajar daring ini tetap berjalan lancar,” jelasnya.

Sri mengaku belajar secara daring memang tidak maksimal seperti tatap muka. Tetapi selama pandemi tidak ada pilihan lain selain belajar daring agar peserta didik tetap mendapatkan pendidikan dengan segala keterbatasan.[acl]

Reporter: Riskita

Shares: