HeadlineHukum

Komplotan Abu Razak Sudah Lama Jadi TO Polisi

BANDA ACEH (popularitas.com) –  Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, yang menewaskan empat orang KKB itu memang sudah menjadi target operasi Kepolisian Daerah Aceh.

Dalam aksi penyergapan pada Kamis, 19 September 2019 sore, polisi yang sudah lama mengintai pergerakan KKB pimpinan Abu Razak itu berhasil dilumpuhkan.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan, kelompok KKB pimpinan Abu Razak (53) dengan nama asli Tun Sri Muhammad Azrul Mukminin Al-Kahar itu memang sudah menjadi target operasi (TO) Kepolisian Daerah Aceh dari pengembangan beberapa kasus kriminal yang terjadi di Aceh.

Ery menyebut, Abu Razak dan kelompoknya itu kerap melakukan aksi kejahatan dengan menggunakan senjata.

“Kelompok ini sebenarnya beberapa hari yang lalu sudah jadi target operasi (TO) Polda Aceh yang berkenaan dari pengembangan beberapa kasus,” katanya di Banda Aceh, Jumat, 20 September 2019.

Dalam penyergapan berujung baku tembak di Trienggadeng kemarin, sebut Ery, menewaskan empat orang dari pihak KKB, diantaranya pimpinan KKB Abu Razak, anggotanya bernama Wan Neraka, Zulfikar, dan Hamni.

Sementara, satu orang KKB bernama Wan Ompong berhasil ditangkap. Polisi juga menyita barang bukti berupa mobil jenis Avanza yang ditumpangi KKB, senjata api laras panjang jenis AK-56, senjata laras pendek jenis revolver dan 100 butir amunisi.

Polda Aceh masih terus melakukan pengembangan kasus KKB pimpinan Abu Razak ini dari keterangan pelaku yang ditangkap.

“Kita masih melakukan pengembangan apa motif kelompok ini. Untuk sementara kita bisa menjerat undang-undang darurat atas kepemilikan senjata api,” pungkasnya.* (ASM)

Shares: