News

Lulusan Unaya Harus Mampu Menghadapi Tantangan Era Industri 4.0

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak 312 mahasiwa lulusan Universitas Abulyatama (UNAYA) dari berbagai fakultas dalam ruang lingkup kampus itu, kembali diwisuda pada hari ini, yang dipusatkan di Aula Bale Nyak Syeh Kampus tersebut, Kamis, 31 Oktober 2019.

Mereka yang diwisuda meliputi lulusan sarjana, diploma dan program profesi yang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Hukum, Perikanan dan Ketoktoran.

Rektor Universitas Abulyatama, Agung Efriyo Hadi, menyampaikan Universitas Abulyatama yang memiliki peran sebagai salah satu pusat pengembangan sumber daya manusla (SDM) terus berupaya melalui update kurikulum.

Para wisudawan sebagai generasi milenial yang telah menjadi alumni Unaya diharapkan mampu melakukan “Unity in empowering human talent”, (persatuan dalam pemberdayaan kemampuan pribadi) dimana dalam penerapan ilmuanya di dunia keria juga waiib mampu menjaga kesatuan dan persatuan.

“Tantangan ini meniadi tantangan bersama generasi muda Indonesia, karena Indonesia akan memerlukan sekitar 17 juta tenaga kerja yang melek teknologi digital pada tahun 2030,” kata Agung dalam pidato akademiknya.

Agung menambahkan, Universitas Abulyatama sebagai bagian dari kelembagaan dalam sistem pendidikan tinggi harus mampu menjawab kebutuhan mahasiswa dalam lndustrl 4.0. kebutuhan bersebut dapat direpresentasikan oleh kebutuhan hardskill dan softskill.

Hardskill meruiuk pada keterampilan teknis yang didapat oleh mahasiswa selama masa perkuliahan yang disesualkan dengan tantangan revolusl industri 4.0.

Ia juga berpesan kepada para wisudawan semoga mampu membangun atmosfir yang meniscayakan adanya perubahan mindset, cara kerja, dan pola membangun hubungan yang harmonis didalam masyarakat maupun ditempat berkarya. (ril)

Shares: