HeadlineNews

Merah putih ciptakan sejarah, siapkan mental lawan Australia

Merah putih ciptakan sejarah, siapkan mental lawan Australia

POPULARITAS.COM – Hasil pertandingan Oman vs Kyrgistan yang berakhir 1-1, pastikan langkah timnas Indonesia melajue ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar. Menempati posisi peringkat 3 terbaik, tim merah putih akan bertemu Australia. Ini bukan lawan yang mudah bagi pasukan STY nantinya.

Selain Indonesia, 15 negara lain yang juga melaju pada fase selanjutnya adalah, Jepang, Australia, Irak, Yordania, Tajikistan, Uzbekitan, Suriah, Uni Emirat Arab, Palestina, Korea Selatan.

Kemudian, Qatar, Arab Saudi, Iran dan Bahrain. Pada pertandingan yang digelar, Minggu 28 November 2024 di Jassim bin Ahmad Stadium, Qatar. 

Statistik perjalanan kedua tim 

Indonesia melaju ke Babak 16 besar Piala Asia, rekor yang membanggakan dan jelas keberhasilan itu merupakan sejarah terbaik yang berhasil ditorehkan pasukan merah putih.

Kemenangan atas Nepal 7-0 pada babak kualifikasi yang digelar 15 Juni 2022 silam, hantarkan tim merah putih melaju ke Piala Asia 2023 bersama 24 negara lainnya.

Timnas merah putih datang ke Qatar dan berada di Grup D, bersama Jepang, Vietnam dan Irak.

Pertarungan hidup mati Indonesia melawan Jepang
Pemain belakang timnas Indonesia, Jordi Amat saat laga hadapi Vietnam, Jumat (19/1/2024) malam. Foto: PSSI

Pada pertandingan fase grup, Indonesia menang atas Vietnam 1-0, kalah atas Irak 3-1 dan kalah atas Jepang 3-1. Hasil itu, membuat timnas menempati posisi 3.

Sesuai regulasi FIFA tiga negara yang mendapatkan peringkat tiga terbaik, akan terpilih untuk melaju ke babak 16 besar. Hal inilah yang menjadi penentu, kala hasil pertandingan Oman dan Krygistan berakhir 1-1 dan sekaligus jadi faktor keberhasilan Answi Mangkualam dan kawan-kawan melenggang ke babak selanjutnya.

Sementara itu, Australia pada Piala Asia 2023, berada di Grup B bersama Uzbekistan, Suriah dan India. Di pertandingan fase grup, negara kangguru itu tampil brilian dengan status juara grup nilai 7.

Australia menang lawan India 2-0, unggul lawan Suriah 1-0, dan seri saat laga dengan Uzbekistan 1-1. Total mengoleksi 7 poin, negara itu melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup dan diikuti Uzbekistan sebagai runner up.

Australia vs Indonesia 28 Januari 2024

Usai memastikan diri melaju ke babak 16 besar, pada fase selanjutnya, Indonesia harus berhadapan dengan Australia. Kedua negara akan bertanding pada 28 Januari 2024 di Jassim bin Ahmad Stadium, Qatar.

Gelandang Australia Ajdin Hrustic menggiring bola dibayangi pemain Uni Emirat Arab Caio Canedo dalam laga kualifikasi akhir zona Asia di Al Rayyan Stadium, Doha, Qatar, Selasa (7/6/2022). ANTARA/REUTERS/Mohammed Dabbous

Jutaan pasang mata dari penggemar sepak bola di Indonesia, pasti berharap tim merah putih bisa unggul atas Australia. Namun, hal tersebut tidak mudah. Sebab, negara kangguru bukan lawan mudah bagi anak-anak asuh STY.

Dengan tambahan 10,87 poin di rangki FIFA, Australia kini berada pada peringkat 24 dunia. Sementara itu, Indonesia, kini naik kelas jadi peringkat 142 dunia berdasarkan rangking FIFA.

Tentu saja, hanya kerja keras semangat dan keajaiban yang bisa membuat langkah timnas merah putih bisa kalahkan Australia. Kita tunggu pada pertandingan yang digelar nati.

Shares: