News

Meriahkan HUT RI, ibu-ibu di Aceh Besar ikut lomba parut kelapa

Meriahkan HUT RI, ibu-ibu di Aceh Besar ikut lomba parut kelapa

POPULARITAS.COM – Warga Desa Meunasah Baro, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar antusias mengikuti aneka perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Lomba yang diikuti oleh sejumlah ibu-ibu warga setempat ini, terbilang unik yakni lomba parut kelapa atau dalam Bahasa Aceh disebut Ku Ue.

Amatan popularitas.com, setiap ibu-ibu peserta lomba menggunakan kostum unik, dengan memakai kain batik panjang diikat di kepala yang menunjukkan kekhasan penampilan orang Aceh zaman dahulu, serta juga menggunakan kacamata hitam.

Ibu Kepala Desa Meunasah Baro, Tutie Aryati mengatakan lomba yang diadakan ini selain untuk memeriahkan HUT ke-77 RI, juga untuk menggalakkan kembali kebiasaan orang Aceh untuk memasak.

Pasalnya, menurutnya, kini masyarakat di Aceh, khususnya di Desa Meunasah Baro menggunakan bahan instan atau praktis saat hendak memasak.

“Sekarang ibu-ibu banyak membeli kelapa parut atau bahkan santan di warung untuk keperluan memasaknya, oleh karena itu kita ingin mengulas kembali kebiasaan orang zaman dahulu,” katanya kepada popularitas.com.

Adapun jumlah pesertanya, kata Tutie, terdiri dari lima kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang.

“Satu orang yang kupas kelapa, terus ada yang membelah kelapa dan yang satu lagi bertugas parut kelapa,” ucapnya.

Warga Desa Meunasah Baro, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar ikut berpartisipasi pada lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022). Foto: Ist

Selain mengadakan lomba Ku Ue, lanjut Tutie, di desanya juga mengadakan lomba estafet air, yang mana lomba tersebut juga diikuti oleh ibu-ibu desa setempat.

Sementara itu, salah satu warga yang ikut berpartisipasi, Junaidah mengaku senang karena bisa berpartisipasi dalam acara HUT RI, apalagi lomba yang diikutinya dapat memberikan pelajaran maupun pemahaman kepada anak-anak muda sekarang.

“Dengan adanya lomba Ku Ue dapat memperlihatkan kepada anak muda sekarang, karena banyak yang kita jumpai belum bisa melakukan kebiasaan orang zaman dulu,” ucapnya.

@popularitascom

Meriahkan HUT RI, Ibu-Ibu Desa Meunasah Baro Ikut Lomba Ku Ue (parut kelapa) #hutri77 #indonesia #beritatiktok #fyp

♬ suara asli – PopularitasCom – popularitas.com

 

Shares: