News

Nova Ingatkan Risiko Penularan Corona di Aceh Tinggi

Nova: Meski Pandemi, Semangat Memperingati HUT RI Tak Boleh Redup

POPULARITAS.COM – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan risiko penularan COVID-19 di provinsi itu tergolong yang paling tinggi di Indonesia, sehingga warga diminta selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Saya berpesan, tingkat resiko kita termasuk yang paling tinggi saat ini di Indonesia. Tingkat kesembuhan kita rendah, sedangkan tingkat terpapar tinggi, oleh karenanya sudah terbukti dimana-mana bahwa kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan itu bisa mencegah terjangkitnya secara masif virus ini,” kata Nova seperti dilansir laman Antara, Senin (17/08/2020).

Pernyataan itu disampaikan Nova usai menjadi inspektur upacara dalam upacara HUT ke-75 Republik Indonesia di Kantor Gubernur Aceh yang berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Nova menegaskan virus corona nyata adanya, bukan hoaks atau palsu. Ulama, pemerintah, kepala daerah telah menyatakan secara kongkret bahwa wabah itu berulang, seperti halnya dengan flu Spanyol pada 1918.

“Maka harus kita hadapi sikap yang biasa tapi dengan kedisiplinan tinggi. Kita doakan vaksin segera ditemukan, beberapa pihak sudah menyampaikan berita gembira, dan mudah-mudahan bisa diterapkan untuk penderita positif COVID-19 dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujarnya.

Disamping itu, Pemerintah Aceh menggelar upacara HUT ke-75 RI lebih cepat daripada yang diselenggarakan Pemerintah Pusat di Istana Merdeka. Setelah itu, Gubernur dan unsur Forkopimda Aceh mengikuti upacara secara virtual, bersama dengan Presiden RI Joko Widodo.

“Selamat hari ulang tahun ke-75, Dirgahayu Republik Indonesia, panjang umur negeriku,” kata Nova.

Menurut dia, semangat hari kemerdekaan tidak luntur, sehingga dalam suasana wabah COVID-19 ini masih tetap dapat melanjutkan tugas-tugas negara, melayani rakyat, meskipun harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan.

“Semangat hari ulang tahun kemerdekaan masih tetap tertancap di dada kita, sehingga dalam suasana yang prihatin pun, COVID-19, kita tetap melanjutkan tugas-tugas negara, tugas-tugas untuk rakyat, walaupun harus dikondisikan sesuai protokol kesehatan,” kata Nova.

Editor: Dani

Shares: