News

Pemerintah Aceh pompa semangat berbisnis para UMKM melalui bimtek

Pemerintah Aceh pompa semangat berbisnis para UMKM melalui bimtek

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) memompa semangat berbisnis para pelaku UMKM di daerah itu melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Alat Kerja Multimedia yang berlangsung 12-13 Desember 2022 di Hotel Arabia, Peunayong, Banda Aceh.

“Besar harapannya kegiatan bimtek ini dapat memompa semangat berbisnis para UMKM sehingga usaha yang akan dijalankan ke depannya dapat berkembang dan membantu menumbuhkan perekonomian baik secara personal maupun masyarakat umum,” kata Azwar dari Diskop UKM Aceh.

Dalam kesempatan itu, Azwar menjelaskan bahwa Pemerintah Aceh akan terus berupaya untuk mendukung para peserta UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya hingga menjadi pelaku UMKM yang usahanya sangat maju.

Hal tersebut, kata dia, tentunya dapat mendongkrak pertumbuhan perekonomian yang sistematis. Untuk itu, Azwar mengimbau kepada seluruh peserta bimtek untuk mengkikuti kegiatan tersebut secara serius dan khidmat sehingga peran pemerintah di sini menjadi lebih terukur dan aplikatif.

Kegiatan bimtek alat kerja multimedia ini, tambah Azwar, diikuti oleh 30 orang peserta. Para peserta bimtek diberi materi oleh para narasumber atau ahli seperti Fachrurrazi yang membahas materi tentang Peraturan Gubernur-PKT  (Pengembangan Kewirausahaan Terpadu) dan juga tentang Acehpreuneur maupun OSS.

Pada sesi ini, kata dia, peserta diajarkan untuk membentuk administrasi usaha dengan manajemen yang rapi, sistematis dan tentunya legal (sudah memiliki izin usaha).

“Pemateri pada kegiatan bimtek kali ini berjumlah 3 orang yaitu Bapak Fachrurazi, Bapak Radifan dan Bapak Yudhi Aulia,” sebut Azwar.

Ia menjelaskan, kegiatan bimtek kali ini fokus membahas tentang bagaimana cara membentuk dan membuka sebuah unit usaha yang simpel dan ekonomis, pentingnya memahami peraturan gubernur tentang PKT, dan bagaimana cara mengenal identitas produk serta bagaimana melakukan branding serta marketing untuk suatu produk.

“Mengingat akan pentingnya program ini, pihak pemerintah terus memperhatikan akan pentingnya pelaku UMKM sebagai tongkat penggerak pertumbuhan ekonomi negara baik Indonesia secara umum maupun provinsi Aceh khususnya,” kata dia.

Selain itu, tambah Azwar, narasumber lainnya turut memaparkan materi tentang bagaimana membentuk suatu usaha dengan baik, rapi dan sistematis serta tentang branding dan marketing pada produk UMKM yang akan dijual.

“Para peserta merasa sangat antusias untuk mengikuti bimbingan teknis hingga selesai,” ujarnya.

Shares: