News

Pemerintah diminta bantu pulangkan dua nelayan Aceh Utara dari Malaysia

Pemerintah diminta bantu pulangkan dua nelayan Aceh Utara dari Malaysia

POPULARITAS.COM – Panglima Laot Aceh telah meminta bantuan pemerintah untuk memulangkan dua nelayan Aceh Utara yang hanyut ke wilayah perairan Kedah, Malaysia.

Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh serta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Panglima Laot Aceh, Miftach Tjut Adek kepada awak media saat ditanya terkait upaya pemulangan kedua nelayan yang dimaksud, Minggu (4/2/2024) sore.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Kadis DKP Aceh, Bapak Aliman dan meminta kepada pemerintah pusat (Kemenlu) untuk mengadvokasinya,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, dua nelayan asal Aceh Utara yakni Asnawi dan Zuhdi hanyut ke wilayah perairan Kedah, Malaysia usai mengalami kerusakan mesin boat saat melaut.

Diketahui, mereka melaut dari Krueng Geukuh sejak lima hari lalu. Lalu mesin boat tep-tep (perahu kecil) yang mereka tumpangi rusak hingga akhirnya terseret arus laut dan tiba di negara tetangga.

“Mereka diselamatkan oleh kepolisian perairan Kedah, keberadaan dua nelayan ini dijamin oleh seorang warga Aceh yang sudah 17 tahun bekerja di sana yakni Yasin,” ucapnya.

Shares: