News

Pentingnya membentuk jiwa entrepreneur sejak usia dini

Toronata menjelaskan, selain percaya diri, seorang entrepreneur juga harus berorientasi pada kinerja dan hasil, berani mengambil risiko, bisa memimpin, keatif, sabar serta tidak mudah putus asa.

POPULARITAS.COM – Founder and Director Aren Energy Investment Pte Ltd, Toronata Tambun berpendapat, menciptakan seorang entrepreneur lebih baik dipersiapkan atau dilatih sejak dini, minimal anak usia lima tahun.

Entrepreneur yaitu individu yang bisa menciptakan bisnis yang baru bahkan bersedia menanggung sebagian besar risiko dan sebagai imbalannya bisa menikmati sebagian besar keuntungannya.

“Proses mendirikan bisnis seorang entrepreneur disebut entrepreneurship atau kewirausahaan,” kata Toronata kepada wartawan secara virtual dalam Fellowship Jurnalisme Pendidikan (FJP), Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP), Senin (4/4/2022).

Toronata menjelaskan, selain percaya diri, seorang entrepreneur juga harus berorientasi pada kinerja dan hasil, berani mengambil risiko, bisa memimpin, keatif, sabar serta tidak mudah putus asa.

Sedangkan langkah-langkah untuk menjadi wirausahawan yang sukses di antaranya, harus percaya diri sesuai minat, jalani bisnis yang disukai, mampu melihat peluang dan target pasar.

“Bibit entrepreneur lebih baik dididik sejak umur lima tahun. Kedisiplinan dan mental diciptakan sejak dini,” kata Toronata.

Dalam kesempatan itu, Toronata juga menyampaikan bahwa seorang jurnalis sebenarnya punya kesempatan yang sama untuk menjadi entrepreneur.

Sebab profesi jurnalis memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang pada umumnya. Jurnalis juga dinilai memiliki kemampuan untuk menggaet pemodal dalam membangun usaha.

“Peluang jurnalis untuk menjadi entrepreneur sangat terbuka lebar, yaitu sebagai founder, co founder kita perlu orang yang jago story telling, karena tanpa kemampuan story telling nggak bisa cari investor, nggak bisa ngobrol sama customer. Sehingga keahlian jurnalis itu sangat compatible untuk jadi entrepreneur,” pungkasnya.

Shares: