EkonomiNews

Pimpinan Wilayah Aisyiyah Aceh gelar pelatihan ecoprint

Pimpinan Wilayah Aisyiyah Aceh (PWA) gelar pelatihan ecoprint bagi para pengurus dan organisasi Kader perempuan Muhamadiyah tersebut.
Para peserta pelatihan ecoprint yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Aisyiyah Aceh

POPULARITAS.COM – Pimpinan Wilayah Aisyiyah Aceh (PWA) gelar pelatihan ecoprint bagi para pengurus dan organisasi Kader perempuan Muhamadiyah tersebut.

Acara yang berlangsung, Minggu (19/12/2021) tersebut bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Perempuan Indonesia (P3I), dengan menghadirkan trainer Pupung Pursita dari Rupa Rupa Art and Fashioan, Kota Depok.

Ketua PWA Aceh, Zaidar Jaafar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan ecoprint yang diselenggarakan pihaknya, guna mengembangkan semangat kewirausahaan perempuan yang selama ini bergerak di bidang fashion.

Pelatihan ini, katanya kemudian, diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan para anggota, sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga, dan mendorong terbentuknya UMKM di bidang seni fashion.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara pelatihan, Maryana menerangkan, ecoprint adalah teknik penyerapan pigmen dari tumbuhan untuk membuat pola dan pewarnaan pada medium kain, kanvas, kerta dan lainnya.

Pelatihan ini, kita harapkan dapat mendorong lahirnya semangat kewirausahaan, dan menciptakan para kader Aisyiyah Aceh yang mampu mengembangkan konsep ecoprint dalam pengembangan bisnis dan usahanya.

Program ecoprint yang dikembangkan pihaknya di Aceh, sambungnya lagi, sebab konsep ini sangat mendukung lingkungan karena mengurangi limbah dari pewarnaan dalam industri fashion.

Ecoprint merupakan konsep pengembangan fashion yang berbasis lingkungan dan kearifan lokal, sehingga hal tersebut juga mendukung pemerintah dalam pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam berkelanjutan, demikian Maryana menerangkan.

Editor : Hendro Saky

Shares: