News

Pj Bupati Aceh Besar peringati Hari Anak Nasional 2023 di Pondok Pesantren Dar Maryam

Pj Bupati Aceh Besar peringati Hari Anak Nasional 2023 di Pondok Pesantren Dar Maryam

POPULARITAS.COM – Momentum peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 yang jatuh pada hari Minggu (23/7/2023), dirayakan secara sederhana oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan jajarannya.

Bertempat di Pesantren Dar Maryam Kuta Malaka Aceh Besar, Pj Bupati Muhammad Iswanto, bersama istrinya yang juga merupakan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mengikuti serangkaian acara HAN 2023 yang diselenggarakan di institusi pendidikan tersebut.

Di Pondok Pesantren Dar Maryam Kuta Malaka, Pj Muhammad Iswanto juga, membuka sekaligus menyaksikan sejumlah perlombaan anak yang digelar di tempat itu, seperti lomba mewarnai, azan dan permainan tradisional engklek.

Dalam keterangannya, usai membuka peringatan HAN 2023 dan membuka aneka perlombaan di Pondok Pesantren Dar Maryam Kuta Malaka, Pj Muhammad Iswanto, ingatkan semua pihak untuk menjaga, merawat dan mendidik para anak dengan baik. Sebab, katanya lagi, anak-anak adalah bagian dari kekuatan daerah ini di masa depan.

“Kunci masa depan Aceh Besar ini terletak pada anak-anak kita hari ini. Jika mereka tumbuh dan besar dilingkungan yang baik, maka kelak mereka akan mengelola daerah ini dengan lebih bagus lagi,” terangnya.

Dalam acara peringatan HAN 2023 di Pondok Pesantren Dar Maryam itu, ratusan anak penyandang disabilitas juga ikut hadir semarakkan berbagai lomba yang digelar. Bahkan, Pj Muhammad Iswanto dan istrinya Cut Rezky Handayani terlihat berbicara dan berinteraksi dengan para anak-anak tersebut.

Muhammad Iswanto kembali melanjutkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, menaruh perhatian penting dalam menyiapkan pendidikan anak-anak guna menyiapkan generasi emas pada 2045 mendatang. Karna itu, sejumlah pendekatan melalui intervensi program dan kegiatan dihadirkan guna menjawab berbagai persoalan itu.

Dirinya juga ingatkan para orang tua, untuk meluangkan waktunya lebih banyak bersama para anak-anak. Karna, kebersamaan tersebut berdampak penting bagi tumbuh kembang seorang anak. 

“Mari kita biasakan, diawal-awal masa tumbuh anak-anak kita, lebih banyak menghabiskan dan meluangkan waktu bersama mereka. Seperti bermain, menemani belajar dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Aceh Besar Cut Rekzy Handayani menambahkan, pada peringatan HAN 2023, pihaknya menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memberikan ruang apresiasi dan pengembangan bakat anak. 

Ia juga menyebutkan, kegiatan-kegiatan seperti yang diselenggarakan di Pesantren Dar Maryam ini, akan terus dilangsungkan pihaknya kedepa. Langkah ini, sebagai upaya agar para anak-anak dapat mengembangkan potensi minat dan bakatnya.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP dan PA) Kabupaten Aceh Besar Drs Fadhlan, Camat Kuta Malaka Drs Muzakkir MM dan unsur Forkopimcam Kuta Malaka serta para pimpinan dan guru Ponpes Dar Maryam binti Ibrahim.

Shares: