News

Pj Gubernur Aceh minta bupati dan walikota aktifkan posko siaga bencana selama mudik lebaran

Pj Gubernur Aceh : Untuk wujudkan kemaslahatan butuh dukungan umat

POPULARITAS.COM – Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, minta kepada bupati dan walikota di 23 kabupaten dan kota di provinsi ujung barat Sumatra tersebut, untuk membentuk dan aktifkan posko siaga bencana. Langkah itu sangat penting guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama mudik lebaran 2024.

Permintaan tersebut telah disampaikan oleh Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah melalui surat yang ditujukan kepada bupati dan walikota.

“Iya, surat sudah kita kirimkan sejak 2 April 2024. Imbauan kita kepada bupati dan walikota untuk aktifkan posko siaga bencana selama mudik,” kata Pj Gubernur Bustami Hamzah, Jumat (5/4/2024) di Banda Aceh.

Posko siaga bencana yang diaktifkan di tiap kabupaten dan kota tersebut, nantinya bisa diintegrasikan dengan posko pengamanan Operasi Ketupat Seulawah, tambah Bustami.

Adapun alasan mensiagakan Posko Siaga Bencana tersebut karena menindaklankuti surat BMKG wilayah 1 Medan, perihal peringatan dini cuaca dan iklim provinsi Aceh periode April. 

Disebutkan bahwa beberapa kabupaten/kota berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi  basah dengan status peringatan dini curah hujan tinggi level waspada. 

Oleh sebab itulah, posko siaga bencana diaktifkan untuk mengantisipasi terjadinya banjir atau tanah longsor dan dampak bencana lainnya selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Shares: