Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

PPJI Aceh kenalkan produk UMKM di Karisma Even Nusantara 2023 di Jakarta

Perkumpulan Penyelenggaraan Jasa Boga Indonesia (PPJI) Aceh, ikut berpartisipasi pada kegiatan nasional Karimas Even Nusantara 2023 yang diselenggarakan di Teater IMAX Keong Mas, Jakarta.
PPJI Aceh kenalkan produk UMKM di Karisma Even Nusantara 2023 di Jakarta

POPULARITAS.COM – Perkumpulan Penyelenggaraan Jasa Boga Indonesia (PPJI) Aceh, ikut berpartisipasi pada kegiatan nasional Karimas Even Nusantara 2023 yang diselenggarakan di Teater IMAX Keong Mas, Jakarta.

Dalam acara yang berlangsung, Sabtu (28/1/2023) itu, PPJI Aceh hadirkan berbagai produk UMKM asal Aceh, serta ragam kuliner khas dari provinsi ujung barat Sumatra itu kepada ribuan pengunjung yang hadir di even tersebut.

Ketua PPJI Aceh Erika Mulyani, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/1/2023), mengucapkan terimakasih atas dukungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang telah mendukung pihaknya untuk berpartisipasi pada acara bergengsi tersebut.

Menparekraf Sandiaga Uno meluncurkan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Peluncuran ini dihadiri oleh berbagai kepala daerah yang turut berperan dalam festival kali ini. 

Ragam produk UMKM, jajanan tradisonal, dan kuliner dari berbagai daerah di perkenalkan lewat acara itu.“Alhamdulillah, kehadiran PPJI Aceh di acara tersebut, tak lepas dari dukungan Disbudpar,” kata Erika.

Karisma Event Nusantara (KEN), sambung Erika, adalah kumpulan acara-acara berkualitas di daerah di 34 provinsi di Indonesia. Nah, untuk acara nasional itu, Aceh Culinary Festival (ACF) terpilih menjadi salah satu peserta mewakili daerah ini. Kehadiran PPJI Aceh di acara itu, sebagai bentuk kolaborasi dengan dinas terkait, dan penyelenggara ACF.

Event terpilih ini diluncurkan pada Sabtu (28/1) bertempat di Teater IMAX Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah. Di dalam festival ini terdapat 6 (enam) area pertunjukan hasil kolaborasi dengan daerah, asosiasi, dan komunitas.

Pengunjung dapat menikmati fasilitas festival yang menyuguhkan pengalaman menarik lewat instalasi artistik, galeri seni, penampilan seni dan budaya, workshop kriya, demo memasak, hingga pameran karya daur ulang, dan berbagai penyelenggaraan event di berbagai daerah lainnya.

Kegiatan yang turut memeriahkan KEN berasal dari berbagai daerah. Salah satunya Aceh Culinary Festival, dan PPJI Aceh ikut menyuguhkan kuah beulangong, sie reuboh, keumamah, dan itiek masak puteh. 

“Diajang ini kami juga menyuguhkan atraksi demo masak yang memukau dan melibatkan interaksi pengunjung,” tambah Ketua PPJI Aceh.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kurasi KEN 2023 berdasar pada 5 bidang penilaian yaitu Bidang Pariwisata dan Ekraf, Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bidang Manajemen Event, Bidang Strategi Komunikasi, serta Bidang Pengembangan Bisnis dan Pemasaran.

Selain itu, tahun ini terdapat 110 event dan budaya unggulan yang telah terkurasi dari 291 event yang diusulkan dari 38 Provinsi di Indonesia.

“Ini sangat berharga dan sangat berguna bagi kami guna memperkenalkan produk UMKM khususnya kuliner Aceh. Semoga dengan ajang yang ada ini dapat makin menarik minat pengunjung untuk datang ke Aceh, termasuk mendorong investor untuk berinvestasi di pariwisata Aceh,” tutup Erika Mulyani.

Shares: