News

Puluhan desa di Aceh Timur direndam banjir

Puluhan desa di Aceh Timur direndam banjir

POPULARITAS.COM – Puluhan desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, direndam banjir akibat hujan lebat di daerah itu pada Minggu (18/12/2022).

Berdasarkan informasi dihimpun, desa yang dilanda banjir yakni Desa Trieng Gadeng, Blang Buket, Buket Rumia, Kapai Baro, Meunasah Keutapang, Alue Meurubo.

Kemudian, Buket Kulam, Jungka Gajah, Alue Gadeng, Gampong Keude, Groeng-Groeng, Seuneubok Teungoh, Aluluddin Dua, Seuneubok Simpang, Buket Panyang, Teupin Raya.

Serta Ulee Ateung, Blang Jambee, Buket Seuraja, Gampong Baro, Alue Cek Doi, Labuhan, Blang Gleum, Blang Keumahang, Matang, Lhok Seuntang, Seunebok Rambong dan sejumlah desa lainnya.

Keuchik Alue Gadeng Matlain dalam keterangannya yang dikutip, Senin (19/12/2022) mengatakan warga di desanya dan beberapa desa tetangga mulai mengungsi.

“Ketinggian air mencapai satu meter dari lantai rumah. Saat ini warga sudah mengungsi ke surau,” katanya.

Camat Julok, Adnan mengatakan belasan desa yang dilanda banjir telah dilaporkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) setempat.

Bahkan, pihak kecamatan juga telah melaporkan juga ke Dinas Sosial Aceh Timur melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos).

“Banjir terjadi karena luapan sungai. Ketinggian banjir berkisar setengah meter hingga 1,2 meter,” kata Adnan.

Kepala BPBD Aceh Timur, Ashadi mengatakan pihaknya sudah mengerahkan tim ke wilayah banjir seperti di sejumlah desa di Kecamatan Julok dan Kecamatan Darul Aman.

“Kami sudah kerahkan Satgas SAR ke lokasi banjir untuk evakuasi warga, termasuk ke lokasi longsor di Kecamatan Idi Tunong,” katanya. (ant)

Shares: