HeadlineKesehatan

RS Cempaka Lima sukses operasi transplantasi kornea mata, Pertama di Aceh

Rumah Sakit Cempaka Lima Banda Aceh, sukses laksanakan operasi transplantasi kornea mata. Hal tersebut merupakan terobosan pertama yang pernah dilakukan di provinsi Ujung barat Sumatra tersebut.
RS Cempaka Lima sukses operasi transplantasi kornea mata, Pertama di Aceh

POPULARITAS.COMRumah Sakit Cempaka Lima Banda Aceh, sukses laksanakan operasi transplantasi kornea mata. Hal tersebut merupakan terobosan pertama yang pernah dilakukan di provinsi Ujung barat Sumatra tersebut.

Direktur RS Cempaka Lima Banda Aceh, dr Masry, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/12/2022) mengatakan, operasi transplantasi kornea mata itu, merupakan kesuksesan penting yang diraih pihaknya dalam pelayanan mata di daerah ini.  “Ini kali pertama di Aceh, tepatnya di RS Cempaka Lima dilakukan operasi transplantasi kornea mata, dan hasilnya sukses,” katanya.

Lebih lanjut Ia menerangkan, pelaksanaan operasi dipimpin oleh Dr Cut Putri Sp.M dan didampingi oleh dr Lukman Edward dari RSCM Jakarta. 

Operasi yang dilakukan pihaknya sendiri diberikan terhadap dua orang pasien yang alami kerusakan pada kornea mata akibat infeksi maupun trauma.

Nah, sambungnya lagi, proses operasi yang dilaksanakan pihaknya hari ini, Selasa (21/12/2022), telah dipersiapkan jauh hari, lewat serangkaian kegiatan lainnya, seperti penandatangan perjanjian kesepahaman atau MoU dengan Bank Mata Indonesia untuk penyediaan jaringan yang akan ditransplantasikan kepada pasien.

Kemudian, ujarnya lagi, proses seleksi terhadap pasien yang akan diberikan transplantasi, dan juga donor mata. Nah, tukasnya lagi, donor mata yang memberikan kornea dalam operasi yang dilakukan pihaknya, berasal dari Indonesia.

Kedepan, tidak tertutup kemungkinan, jaringan kornea mata bisa diperoleh pihaknya dari luar negeri.

Sementara itu, dr Cut Putri, Sp.M yang memimpin operasi transplatansi itu menambahkan, tindakan yang dilakukan pihaknya dalam istilah medis disebut keratoplasti. Prosesnya yaitu mengganti selaput bening mata yang kerih, dan digantikan dengan kornea mata baru yang didapatkan dari donor.

Proses operasi transplantasi kornea mata terhadap pasien di Rumah Sakit Cempaka Lima Banda Aceh. FOTO : RS Cempaka Lima

Pelaksanaan operasi sendiri, sambungnya, membutuhkan waktu tiga jam, dan setelah itu dilakukan observasi, dan evaluasi selama 12 jam pertama.

Dari evaluasi usai operasi itu, diketahui saat ini, kondisi kedua pasien yang menjalani transplantasi kornea mata menunjukkan kemajuan yang memuaskan, katanya.

Kemudian dr Masri kembali melanjutkan, kedepan RS Cempaka Lima Banda Aceh, nantinya akan terus dikembangkan sebagai salah satu rumah sakit swasta unggulan dalam hal pelayanan mata.

Shares: