News

Sejarawan Aceh Dapat Anugerah Bintang Mahaputra dari Presiden Jokowi

POPULARITAS.COM – Presiden Joko Widodo memberikan anugerah Bintang Mahaputra kepada sejumlah tokoh di Tanah Air, Kamis (12/8/2021).

Bintang Mahaputra merupakan tanda kehormatan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada orang-orang yang dianggap berhasil menjaga keutuhan, keberlangsungan, dan kejayaan NKRI.

Salah satu tokoh yang mendapat anugerah Bintang Mahaputra tanda Kerhormatan Bintang Budaya Paradarma adalah almarhum Rusdi Sufi, seorang sejarawan dan peneliti yang aktif mencatat tentang sejarah dan budaya Aceh.

Dalam laman Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh disebutkan, Rusdi Sufi lahir di banda Aceh 14 Agustus 1944. Semasa hidupnya, Rusdi pernah menjadi dosen senior di FKIP Universitas Syahkuala, menjabar Kepala kantor Arsip Nasional Provinsi Aceh dan Sumatera Utara periode 1998-2001. Dirinya juga sempat menjadi ketua Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh.

Pada 2014 saat HUT ke-809 Aceh, Pemprov memberikan anugerah Heritage Awards kepada Rusdi Sufi. Kemudian pada Agustus 2018, Rusdi Sufi juga mendapat anugerah Budaya Meukuta Alam, sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada orang-orang yang telah berandil besar dalam membina, mengembangkan, dan melestarikan sejarah dan budaya Aceh.

Tiga bulan setelahnya atau pada November 2018, Rusdi Sufi meninggal dunia, dan disemayamkan di Gampong Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Semasa hidupnya almarhum Rusdi Sufi telah menulis banyak buku tentang sejarah dan perkembangan Aceh. Beberapa yang paling terkenal adalah Aceh Menentang Penjajahan Asing (2006), Kerajaan-Kerajaan Islam di Aceh (2008), Aceh Bumi Iskandar Muda (2008), dan Cut Nyak Dhien Spirit Penguatan Peran Perempuan (2009).

Sumber: Liputan6

Shares: