News

Sejumlah desa di Aceh Tengah belum terjangkau sinyal

Ilustrasi, warga belajar di atas pohon untuk mendapatkan sinyal internet di El Salvador, Amerika Tengah. Foto: Republika

POPULARITAS.COM – Sejumlah desa di Aceh Tengah masih ada yang belum terjangkau sinyal telekomunikasi (blankspot). Kondisi ini sangat mengganggu iklim investasi di daerah yang terkenal produksi kopi gayo.

“Sebagai contoh di kawasan Linge dan sekitarnya masih sulit terjangkau sinyal komunikasi,” kata Kadis Komunikasi dan Informatika Aceh Tengah, Khairuddin ketika membuka pelatihan penguatan sumber daya komunikasi publik (jurnalistik desa) di Aceh Tengah, Senin (6/2/2023).

Menurutnya, hal itu dikarenakan Aceh Tengah sebagai kawasan yang dikelilingi pegunungan sehingga daerah yang tidak terjangkau itu berada di daerah terluar lantaran topografinya.

Lanjut dia, namun kini sudah terbantu tujuh titik jalur komunikasi selama tiga tahun terakhir yang dibangun oleh BHAKTI, sebuah lembaga di bawah kominfo, dan didominasi oleh Telkom.

Ia menyebutkan, kemajuan sebuah daerah dipengaruhi oleh kecepatan masyarakat dalam mengakses informasi. Kehadiran teknologi informasi begitu penting sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dunia saat ini, lanjutnya, sedang berada pada kemajuan teknologi dengan istilahnya dari manual ke auto digital. Agar tidak tertinggal, maka perlu konten informasi dari masyarakat Aceh Tengah yang bisa disiarkan ke seluruh dunia.

“Bagaimana tata caranya, maka admin desa berperan penting dalam mengelola website dengan baik khususnya informasi desa. Dari desa menuju dunia, karena potensi apapun bisa diangkat, apakah itu pertanian dan perkebunan serta wisata saat ini ada 295 desa di Aceh Tengah,” pungkasnya.

Shares: