HeadlineNews

Stok Vaksin di Bener Meriah dan Abdya Kosong

Keuchik di Aceh Utara yang belum vaksin tidak di bayar gaji

POPULARITAS.COM – Dua kabupaten di Aceh yakni Aceh Barat Daya (Abdya) dan Bener Meriah kehabisan stok vaksin pada Rabu (28/7/2021) hari ini. Kekosongan juga diperkirakan akan terjadi di beberapa kabupaten/kota lainnya beberapa hari ke depan.

“Mungkin menyusul di beberapa kabupaten/kota untuk hari ini dan besok (mulai nol),” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, Iman Murahman, Rabu (28/7/2021).

Iman berharap, kekosongan tersebut dapat segera terasasi. Pihaknya berharap pengiriman vaksin dari pemerintah pusat dapat dilakukan dalam satu dan dua hari ke depan.

Baca: Bio Farma Produksi 90,1 juta Dosis Vaksin COVID-19

“Mudah-mudahan dalam satu-dua hari ini sudah ada kiriman dari pemerintah pusat, sehingga kita bisa menutupi yang kabupaten/kota yang sudah menipis tersebut, termasuk juga stok untuk Kota Banda Aceh, di mana serapannya sangat tinggi sekali,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Iman menjelaskan bahwa Pemerintah Aceh pada 15 Juli 2021 telah mengajukan 100 ribu dosis vaksin pada pemerintah pusat. Dari 100 ribu diajukan, 37 ribu dosis sudah dikirim pada 17 Juli 2021.

Baca: Mulai Menipis, Stok Vaksin di Aceh Tinggal 1900 Dosis

“Sebenarnya kita masih kekurangan di atas 60 ribu dosis lagi. Semoga bisa segera teratasi,” ucap Iman.

Khusus untuk Banda Aceh, lanjut Iman, dosis vaksin hanya tersisa 1000 dosis. Jumlah ini pada umumnya difokuskan ke Banda Aceh Convention Hall, RS Kesdam dan RS Bhayangkara.

“Di gudang vaksin provinsi itu yang bisa dipakai untuk Banda Aceh Convention Hall sisanya 1000 dosis, biasanya perputarannya ada di sini, Banda Aceh Convention Hall dan penggunakan oleh TNI dan Polri,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: