News

Toko Kelontong di Aceh Selatan Terbakar, Kerugian Capai Rp 100 Juta

POPULARITAS.COM – Satu unit toko kelontong di Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan terbakar pada Jumat (12/2/2021). BPBD setempat mengklaim, kerugian akibat musibah itu ditaksir mencapai Rp 100 juta.

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas mengatakan, toko kelontong yang terbakar itu merupakan milik Aso Akmal (40). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.28 WIB.

“Kebakaran ini diduga akibat arus pendek listrik,” sebut Ilyas dalam keterangannya, Jumat (12/2/2021).

Ilyas menjelaskan, dalam memadamkan api, Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Selatan mengerahkan satu unit armada pemadam Pos 04 Kluet Utara ke lokasi kejadian.

“Petugas juga melakukan pemadaman, pendataan dan pelaporan. Api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 11.49 WIB,” tutur Ilyas.

Sebelumnya, Pusat data dan informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat, bencana di Tanah Rencong pada tahun 2020 sebanyak 802 kali dengan total prediksi kerugian mencapai 291 miliar.

Dari jumlah itu, bencana kebakaran pemukiman semakin mencemaskan dan mendominasi sebanyak 289 kali kejadian dengan total prediksi kerugian sekitar 98 miliar. Karena itu, BPBA meminta masyarakat untuk mewaspadainya.

Shares: