News

UIN Ar-Raniry dan USK gelar upacara bersama pada peringatan HUT ke-77 RI

USK dan UIN Ar-Raniry peringati HUT RI secara bersamaUSK dan UIN Ar-Raniry peringati HUT RI secara bersama

POPULARITAS.COM – Dua kampus terbesar di Aceh yaitu Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia secara bersama di Lapangan Tugu Kopelma Darussalam, Rabu (17/8/2022).

Segenap sivitas akademika dari kedua kampus tersebut hadir sebagai peserta upacara. Adapun yang bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Rektor USK Prof Marwan.

Dalam amanatnya, Prof Marwan membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikburistek) Nadiem Anwar Makarim yang mengatakan, sejarah telah mencatat bahwa kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari keberanian dan semangat persatuan para pahlawan.

Semangat tersebut kembali kita buktikan bersama melalui presidensi G20 tahun 2022, yaitu dengan peran besar Mendikbudristek dalam menggalang kolaborasi global untuk memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

Seusai upacara, Prof. Marwan mengungkapkan, peringatan upacara kali ini terasa lebih istimewa karena dilakukan secara bersama. Kegiatan ini telah direncanakan jauh hari, dan merupakan salah satu bentuk komitmen dari kedua kampus tersebut untuk kembali bersinergi.

“Ini momen yang sangat istimewa. Tentu saja, semangat kebersamaan seperti ini harus terus kita rawat. Karena dengan demikian, peran kedua kampus ini bisa lebih optimal dalam mendukung pembangunan Aceh,” ucapnya.

Rektor UIN Ar Raniry Prof Mujiburrahman uga turut menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan secara bersama ini telah menjadi sejarah baru bagi kedua kampus tersebut. Hal inilah yang menjadi cita-cita para pendiri dahulu saat melahirkan Kopelma Darussalam.

Di mana kala itu, ungkapnya, para orang tua kita mendirikan UIN Ar Raniry, USK dan STAI Tgk. Chik Pante Kulu dengan membawa semangat untuk bersinergi, bersama, serta kemitraan yang abadi untuk membangun pendidikan khususnya di kampus, dan Aceh secara umum.

“Artinya, ini semangat baru kita untuk kebersamaan. Karena ruh Darussalam itu mulai kita hidupkan kembali,” ucapnya.

Oleh karena itulah, selanjutnya kedua kampus ini telah sepakat untuk lebih banyak lagi melakukan kegiatan lain secara bersama.

“Dan seterusnya, event yang lain juga akan dilaksanakan secara bersama, sehingga persaudaraan, kebersamaan ini nantinya akan semakin tumbuh,” pungkas Prof Mujiburrahman.

Shares: