News

Ukuran Ideal Akuarium Ikan Cupang agar Mereka Bahagia

Budidaya Ikan Cupang, Hobi Mendatangkan Pundi Rupiah
Ikan hias Cupang bisa mendatangkan pundi rupiah.

POPULARITAS.COM – Demi menjaga kelangsungan hidup ikan cupang, penting untuk mengetahui ukuran ideal akuarium untuk ikan cupang. Akuarium sebagai ‘tempat tinggal’ cupang menjadi hal vital dalam hobi ini.

Ukuran akuarium adalah aspek yang jadi pertimbangan karena ikan cupang terbiasa hidup di persawahan yang luas. Karena itu, akuarium yang terlalu kecil berpotensi menyebabkan cupang menjadi stres dan mati.

Sejumlah artikel menyebut bahwa ikan cupang dapat hidup dalam akuarium kecil, seperti toples. Namun, hal tersebut tidak membuat ikan cupang cukup bahagia.

Jumlah air yang terdapat untuk seekor ikan cupang adalah 18 liter air. Idealnya dalam membeli rumah untuk ikan cupang ini haruslah minimal akuarium berkapasitas 20 liter air.
Bukan tanpa sebab, ukuran ini dinilai dan dianjurkan pada banyak ulasan dan penyuka ikan cupang sebagai akuarium ideal agar cupang bahagia dan tidak stres.

Akuarium kapasitas 20 liter membuat ikan cupang merasa lebih leluasa berenang dan bergerak, apalagi jika Anda menata tanaman hias hidup dan memberinya teman.

Akuarium besar juga tidak cepat kotor sehingga Anda tak perlu membersihkannya terlalu sering yang malah nanti akan menjadi malas. Hal itu disebabkan penumpukan amonia pada akuarium kecil lebih cepat dan lebih banyak.

Amonia merupakan zat beracun bagi ikan cupang, dan jika terlalu lama mengendap di akuarium bisa menyebabkan ikan cupang dan hewan lainnya mati. Pada akuarium besar, penumpukan amonia dan bahan kimia lain jauh lebih lambat dan endapan bahan kimianya lebih encer ketimbang akuarium kecil.

Akuarium besar juga memungkinkan Anda menghadirkan banyak teman untuk ikan cupang peliharaan Anda. Dengan akuarium 20 liter, setidaknya Anda bisa menyimpan 10-12 ekor ikan neon tetra sebagai teman cupang.

Masalah lain pada akuarium lebih kecil adalah fluktuasi suhu. Terjadinya penurunan suhu ruangan akan menyebabkan suhu di akuarium kecil akan cepat turun, dan begitu pun sebaliknya.

Sementara akuarium besar memerlukan waktu yang lebih lama untuk naik dan turun suhu.

Perubahan suhu tidak akan berdampak drastis pada akuarium besar, sehingga ikan cupang Anda tidak akan begitu merasakannya.
Akuarium kecil juga membuat ikan cupang Anda semakin agresif terhadap ikan lain. Sebagai hewan teritorial, semakin kecil area yang diberikan semakin ikan cupang merasa memiliki area tersebut. Ikan cupang akan membatasi wilayahnya sendiri dengan ikan lain yang misal semi agresif seperti guppy.

Beredar mitos di antara pegiat ikan cupang bahwa ikan cupang tumbuh mengikuti ukuran akuarium. Semakin besar kapasitas air akuarium maka ikan cupang akan tumbuh lebih besar daripada cupang dalam akuarium kecil.

Akuarium Melebar, Bukan Memanjang ke Atas

Shares: