KesehatanNews

Unsyiah Akan Tuntaskan Uji 1.300 Swab Sepekan Ini di Banda Aceh

Lab Pemeriksaan Covid-19 RSU Cut Mutia Belum Beroperasi karena Kendala Ruangan

BANDA ACEH (popularitas.com) – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Samsul Rizal pasang target dalam sepakan ini akan menuntaskan 1.300 sampel uji swab real time- polymerase chain reaction (RT-PCR) di Banda Aceh.

Uji swab yang sedangkan dilakukan Fakultas Kedokteran Unsyiah untuk memenuhi salah satu syarat untuk penerapan new normal di Banda Aceh. Kebutuhannya adalah 0,5 persen dari jumlah penduduk sebanyak 260 ribu jiwa. Yang harus diuji sampel swab adalah 1.300 orang.

“Insyaallah dalam satu minggu ini kita selesaikan tes secara RT-PCR di Kota Banda Aceh sekitar 1.300,” kata Prof Samsul Rizal, Kamis (4/6/2020).

BACA JUGA: Persiapan New Normal, Banda Aceh Mulai Uji Swab Massal Covid-19

Kata Rektor, peralatan laboratorium RT-PCR Unsyiah mampu memeriksa 384 spesimen per hari. Karena ada dua mesin yang dapat bekerja. Setiap mesin mampu memeriksa 96 sepesimen yang akan diproses siang dan malam.

“Dua kali kerja, yang pagi kita proses siang, yang siang kita proses sore. Lima jam udah bisa dapat hasil, jadi yang dites sekarang nanti sore sudah ada hasil,” jelas rektor.

Prof Samsul Rizal menjelaskan, laboratorium RT-PCR Unsyiah ada 10 lebih tenaga ahli dan dibantu pihak rumah sakit dan puskesmas di banda Aceh untuk mengambil sampel swab.

Pihak Unsyiah, sebutnya, juga akan mengajarkan pada petugas puskesmas cara mengambil swab pada pasien. Sehingga 1.300 sampel lendir tenggorakan dapat diselesaikan dalam satu minggu ini.

Sementara seorang dokter laboratorium RT-PCR Unysiah, dr Linda Yulia menjelaskan, hasil swab yang diperiksa itu keluar hasilnya 2 sampai 7 hari kerja.

“Insya Allah, 2 sampai 7 hari (keluar hasil uji swab di Unsyiah),” jelas dr Linda.[acl]

Shares: