News

Update Gempa Sabang: Belasan Bangunan Rusak

Update Gempa Sabang: Belasan Bangunan Rusak

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sekitar 17 bangunan rusak akibat gempa yang mengguncang Kota Sabang, tadi pagi Kamis, 4 Juni 2020.

Kerusakan itu mulai dari rusak berat, sedang dan ringan. Informasi yang diperoleh, tidak hanya rumah warga, fasilitas publik seperti TPI dan bangunan kantor desa ikut rusak.

Kepala Bagian Umum dan Humas Pemko Sabang, Bahrul Fikri mengatakan, ada beberapa bangunan rusak berat, salah satunya rumah toko (ruko).

“Rusak ringan ada 11 rumah dan satu TPI (Tempat Pendaratan Ikan), dan beberapa ruko,” ujar Bahrul saat dikonfirmasi wartawan, Kamis, 4 Juni 2020.

Saat ini BPBD Kota Sabang dan tim reaksi cepat yang di pimpin langsung Wali Kota Sabang, turun lapangan untuk melakukan pendataan korban yang terdampak.

Gempa berkekuatan 4,8 skala richter mengguncang kota Sabang, Provinsi Aceh tadi pagi, Kamis. Dalam peristiwa itu enam unit rumah dilaporkan mengalami kerusakan.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, dari analisis pihaknya, gempa di Sabang diguncang gempa bumi tektonik yang berkekuatan 4,8 skala richter. Episenter terletak di darat pada jarak 5 km Tenggara Banda Aceh pada kedalaman 10 km.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar sumatera pada segmen Aceh,” kata Djati saat dikonfirmasi. (dani)

Shares: