News

6.000 ASN bakal dipindahkan ke IKN mulai Juli mendatang

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. (ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB)

POPULARITAS.COM – Menpan RB Abdullah Azwar Anas memastikan sebanyak 6.000 aparatur sipil negara (ASN) akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai Juli 2024. Jumlah tersebut merupakan target dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang mencapai 9.000 ASN untuk pemindahan tahap awal.

“Kurang lebih 6.000 ASN, bertahap sampai bulan September,” ujar Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (26/2/2024), dikutip dari beritasatu.com, jaringan popularitas.com.

Meski demikian, Azwar mengakui jika pencapaian dari target tersebut sangat bergantung dengan kesiapan fasilitas dan sarana pendukung di IKN.

“Ini kita sesuaikan terkait dengan penyelesaian tower-tower yang sudah selesai, lintas kementerian/lembaga. Semoga ini selesai, Insyaallah, nanti ketika semua sistemnya sudah bisa bekerja,” tutup Azwar.

Untuk diketahui, groundbreaking kelima di IKN akan dilakukan pada Kamis (29/2/2024) dan Jumat (1/3/2024) mendatang. Adapun sektor perbankan akan menjadi fokus dalam groundbreaking tersebut.

Perlu diketahui tahapan ini sesuai yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang perincian rencana induk ibu kota nusantara. Hal tersebut akan berlangsung dari tahun 2022-2045.

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui satgas pembangunan di IKN sedang membangun sarana dan prasarana dasar untuk menunjang pembangunan IKN.

Shares: