NewsPolitik

958 warga Pidie Jaya dicatut jadi pendukung calon anggota DPD RI

Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar. Foto: Nurzahri/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya menemukan sebanyak 958 nama warga di daerah itu diduga dicatut sebagai pendukung bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar menyebutkan, hal tersebut terungkap saat petugas melakukan verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan bakal calon DPD RI untuk Pemilu 2024

Dari 2.440 sampel dukungan yang dilakukan verfak, terang Iskandar, sebanyak 958 warga mengaku tidak memberikan dukungan kepada siapapun yang mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI.

“958 ini masyarakat tidak mendukung,” ungkapnya kepada popularitas.com, Kamis (2/3/2023).

Tahapan verfak itu sendiri, kata Iskandar, mulai dilakukan KIP Pidie Jaya sejak 6 sampai dengan 26 Februari 2023. Dari total 35 balon DPD RI dari Aceh, 33 di antaranya menggunakan syarat dukungan berupa fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga daerah itu dengan jumlah total dukungan sebanyak 4 ribu lebih.

“Jumlah dukungan 4 ribu lebih, namun sampel syarat dukungan untuk semua calon yang kita verfak sebanyak 2.440 orang,” sebut Iskandar.

Ia menjelaskan, proses verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon DPD itu dilakukan oleh KIP dengan metode by name by address, atau melakukan verifikasi langsung terhadap pemilik KTP yang dilampirkan setiap calon itu.

“Kita verifikasi langsung pemilik KTP, menanyakan apakah memang yang bersangkutan mendukung atau tidak calon DPD itu,” jelasnya.

Hasil verifikasi dengan sampel dukungan yang dilakukan verfak sebanyak 2.440 masyarakat Pidie Jaya itu diakui olehnya terdapat masyarakat yang memang tidak mendukung calon DPD.

“Hasil verfak ada yang mendukung ada juga yang tidak mendukung,” pungkasnya.

Shares: