News

Anggaran Dana Desa 2024 di Aceh Besar segera dicairkan

Anggaran Dana Desa 2024 di Aceh Besar segera dicairkan

POPULARITAS.COM – Pemkab Aceh Besar akan segera melakukan pencairan anggaran dana desa (ADD) untuk tahun anggaran 2024. Untuk itu, segala persiapan teknis dan administrasi telah dilakukan guna mempercepat realisasi penggunaannya untuk masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dalam keterangan kepada popularitas.com, Sabtu (6/1/2024) di Jantho. “Iya, InsyaaAllah segera dicairkan untuk tahap pertama,” terangnya

Harapannya, sambung Pj bupati, dengan percepatan pencairan dana desa, sejumlah program dan kegiatan yang telah direncanakan masyarakat dapat dilaksanakan. Pun begitu, proses operasionalisasi pemerintahan gampong dapat berjalan demi pelayanan masyarakat, tambahnya kemudian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Besar, Carbaini menambahkan, pihaknya telah melakukan pendampingan terhadap aparatur di desa terkait dengan aspek administrasi. Hal tersebut sesuai dengan arahan Pj Bupati, agar tidak terjadi kendala dan hambatan saat proses pencairannya.

Pihaknya juga telah menemui pihak KPPN Banda Aceh, guna meminta masukan dan sekaligus kordinasi terkait dengan kucuran dana desa 2024 untuk Aceh Besar

Dia menyebutkan, untuk dana desa tahun 2024, secara teknis berubah pada mekanisme pencairannya. Jika pada 2023 dicairkan dalam tiga tahap, di tahun ini prosesnya hanya dua tahap saja. Sementara, peruntukannya telah diatur berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI.

Untuk itu, pungkasnya, pihaknya akan terus mendampingi aparatur di gampong, untuk mempercapat kesiapan dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) tahun 2024. Saat ini, sudah empat desa yang tuntas mengerjakannya, yakni Gampong Teudayah, Releung Karieng, Lamsiteh Cot dan Gampong Lhieb, demikian Carbaini.

Shares: