News

Banjir Landa 46 Gampong di Aceh Selatan

Kondisi terkini di Aceh Selatan pascahujan deras mengguyur kawasan tersebut sejak Minggu 24 Maret 2019 | Dok BPBD Aceh Selatan

BANDA ACEH (popularitas.com) – Hujan yang mengguyur sebagian kawasan Aceh telah menyebabkan banjir di beberapa daerah. Setelah sebelumnya Simeulue dilaporkan tergenang air, hujan yang terjadi sejak Minggu, 24 Maret 2019 sore juga merendam 46 Gampong di kawasan Aceh Selatan.

Informasi yang diterima dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) disebutkan banjir di Aceh Selatan berdampak lebih ke beberapa desa sekitar. “Tercatat hingga pukul 11:45 (25/3) menurut laporan yang diterima Pusdalops BPBA, banjir telah berdampak pada 46 Gampong pada 9 kecamatan,” kata Kepala BPBA T Ahmad Dadek, Senin, 25 Maret 2019.

Selain banjir, hujan deras di kawasan tersebut juga mengakibatkan longsor di tiga titik. Akibatnya akses jalan menjadi terhambat seperti di Lintas Tapaktuan – Medan dan wilayah Gunung Padang.

Data yang dilansir BPBA menyebutkan beberapa gampong yang terdampak banjir dan longsor tersebut adalah Gampong Ladang Teungoh, Gampong Krueng Kalee, Gampong Panton Bili, Gampong Silolo, Gampong Ladang Tuha, Gampong Sineubok, Gampong Paya Ateuk, Gampong Kampung Baru, Gampong Ladang Teungoh, Gampong Mata Ie, Gampong Pante Raja, Gampong Teupin Raja, Gampong Ie Mirah, Gampong Lhok Sialang Cut, Gampong Lhok Sialang Rayeuk, dan Gampong Ie Dua. Keseluruhan gampong ini berada di wilayah administratif Kecamatan Pasie Raja.

Selanjutnya Gampong Lhok Bengkuang, Gampong Gunung Kerambil, Gampong Batu Itam, Gampong Panjupian, Gampong Hilir, Gampong Air Pinang, Gampong Lhok Keutapang, serta Gampong Lhok Bengkuang Timur yang ada di Kecamatan Tapaktuan juga dilaporkan terdampak banjir dan longsor.

Gampong terdampak lainnya ada di Kecamatan Kluet Timur yaitu Buloh Didi, Gampong Pucuk Lembang, dan Gampong Lawe Cimanok.

Kemudian di Kecamatan Kota Bahagia sebanyak 9 gampong yang terdampak bencana banjir dan longsor. Kesembilan gampong tersebut adalah Beutong, Gampong Buket Gadeng, Gampong Sineubok Keuranji, Gampong Rambong, Gampong Ujung Gunong Rayeuk, Gampong Jambo Kepok, Gampong Ujong Gunong Cut, Gampong Ujung Tanah, dan Gampong Alur Duamas.

Hujan dengan intensitas tinggi juga menyebabkan banjir dan longsor di Kecamatan Bakongan Timur. Di kawasan ini, terdapat enam gampong yang terdampak yaitu Gampong Simpang, Ujong Pulo Cut, Ujong Pulo Rayeuk, Pasie Seubadeh, Ladang Rimba, dan Gampong Sawah Tingkeum.

Selanjutnya Gampong Gunung Pudung di Kecamatan Kluet Tengah, Gampong Tengoh di Kecamatan Trumon Tengah, Gampong Krueng Batu di Kecamatan Kluet Utara, Gampong Drien dan Ujong Padang di Kecamatan Bakongan juga mengalami nasib serupa.

“Total sementara korban terdampak sebanyak 2.108 KK dengan total 8.078 jiwa,” kata T Ahmad Dadek lagi.

Dia mengatakan Tim BPBD beserta alat berat sudah berada di lokasi longsoran untuk melakukan pembersihan.

“Informasi terakhir yang diterima Pusdalops BPBA menyebut bahwa kondisi air sudah mulai surut dan meninggalkan sisa-sisa lumpur saja. Lalu lintas di jalan nasional lintas Tapaktuan-Medan pun sudah kembali normal,” pungkas Kepala BPBA tersebut.* (RIL/BNA)

Shares: