News

Banjir Rendam Lima Kecamatan di Aceh Jaya

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Jaya dan sekitarnya menyebabkan banjir merendam sejumlah desa di lima kecamatan di kabupaten tersebut pada Kamis (25/3/2021) kemarin. Hingga hari ini, Jumat (26/3/2021), banjir dilaporkan belum surut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (Kalak BPBA), Ilyas mengatakan, banjir tersebut juga disebabkan meluapkan Krueng Ulu Masen, Aceh Jaya. Adapun ketinggian air antara 20 hingga 50 centi meter.

“Terjadinya banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Aceh Jaya mengakibatkan tergenangnya air dan meluapnya Krueng Ulu Masen dengan ketinggian air 20 hingga 50 cm,” sebut Ilyas dalam keterangannya, Jumat (26/3/2021).

Ilyas merincikan, daerah-daerah yang terkena banjir adalah Desa Curek, Alue Tho (Kecamatan Krueng Sabee), Gle Putoh (Kecamatan Panga), Panton Krueng (Kecamatan Darul Hikmah), Alue Gro (Kecamatan Sampoiniet), dan Seumira (Kecamatan Teunom).

Akibat banjir itu, kata Ilyas, seribuan warga dari ratusan keluarga ikut terdampak. Sebagian di antara bahkan harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Jumlah pengungsi di dua kecamatan dan dua gampong berjumlah 86 keluarga dan 249 jiwa, masing-masing dari Krueng Sabee dan Panga,” kata Ilyas.

Ilyas menambahkan, dalam mengevakuasi korban, BPBD Kabupaten Aceh Jaya mengerahkan Tim TRC dengan 1 unit ruber boat dan 1 mobil pick up.

“BPBD Aceh Jaya menginformasikan bahwa air belum surut dan kendala yang dihadapi akses transportasi menuju beberapa kawasan sudah putus,” sebut dia.

Editor: dani

Shares: