EkonomiNews

Bawang Merah Lokal Tembus Rp50 ribu per kilogram di Banda Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Harga bawang merah lokal di sejumlah pasar di Banda Aceh mencapai Rp50.000 per kilogram dari sebelumnya berkisar Rp38.000 sampai Rp40.000 per kilogram.

“Kenaikan harga ini dipicu oleh menipisnya pasokan di pasaran, sementara permintaan meningkat,” kata Pedagang Pasar Lambaro, Aulia. di Aceh Besar, Selasa, 28 April 2020.

Ia menjelaskan pasokan bawang merah saat ini hanya berasal dari Gayo Lues dan Sigli, sedangkan distribusi dari luar provinsi penghasil lainnya tidak masuk, sehingga stok menjadi langka.

“Tidak masuknya bawang merah dari Medan dan juga Jawa Tengah ikut mempengaruhi harga bawang merah di pasaran,” katanya

Ia juga mengatakan, walaupun kualitas bawang merah itu tidak bagus, dirinya terpaksa harus tetap mengambil barang karena permintaan yang meningkat.

“Satu karung bawang merah kami tebus dari penyalur sekitar Rp1,6 juta per karung (isi 35 kilogram),” kata Aulia.

Selain bawang merah lokal, harga cabai hijau juga mengalami kenaikan sebelumnya Rp15.000 per kilogram menjadi Rp25.000 per kilogram.

“Cabai hijau juga saat ini stoknya terbatas di tingkat pemasok,” kata Aulia.

Ia mengatakan, pada Ramadhan ini, jumlah pembeli mulai mengalami peningkatan sejak sempat sepi akibat merebaknya wabah COVID-19.

Selain itu, harga komoditi yang lain mengalami penurunan seperti bawang bombay saat ini Rp28.000 per kilogram, cabai merah Rp22.000 per kilogram, bawang putih Rp33.000 per kilogram dan cabai rawit Rp22.000 per kilogram. (ANT)

Shares: